Film The Journey, Sejarah Jazirah Arab ala Anime Jepang

The Journey The Journey

Muslimahdaily - The Journey merupakan garapan film anime pertama yang bertemakan tentang sejarah perang di Jazirah Arab. Film anime ini lahir berkat kolaborasi antara dua negara, Manga Productions (Arab Saudi) dengan Toei Animation (Jepang). Proses pembuatan anime ini memakan waktu hingga dua setengah tahun lamanya.

Film ini melibatkan tim sebanyak 300 pemuda asal Arab Saudi yang mengikuti pelatihan membuat anime secara langsung di negeri sakura. Alasan perusahaan Manga Production yang merupakan anak perusahaan dari Prince Mohammed bin Salman Foundation untuk mengerjakan proyek film itu didasari oleh sebab, anime atau kartun sinematik khas Jepang yang  telah meraih kepopuleran di Arab Saudi. Film yang berjudul lengkap Journey: A Tale of Miracles and Battles on the Ancient Arabian Peninsula tayang perdana di Jepang pada 25 Juni 2021. Sedangkan, di Arab Saudi sendiri tayang pada 17 Juni 2021 dengan menggunakan teknologi  4DX. 

 Melansir laman imdb.com, film The Journey berlatar 1.500 tahun yang lalu itu menceritakan saat penyerbu kejam mengancam untuk memperbudak orang-orang dan menghancurkan Ka’bah sebagai tempat suci. Orang-orang Mekah pun tidak tinggal diam, mereka mengangkat senjata walaupun hanya mampu  mengumpulkan kekuatan kecil untuk melawan pasukan besar.

Seorang pemuda bernama Aws yang merupakan seorang pembuat tembikar berjuang untuk melindungi keluarganya. Dia juga dipaksa untuk mengungkapkan masa lalunya yang kelam. Rasa takut yang mengancam kian memusnahkan tekad mereka, sementara kekuatan iman Aws memaksanya untuk berdiri dan melawan. Aws berusaha untuk melawan keraguan dan ketakutannya sendiri. Aws juga mencoba menyatukan teman dan rekan senegaranya menjelang pertempuran. Cuplikan trailer film ini pun memperlihatkan perjuangan kaum Aws dan masyarakat Mekah dalam menghadapi sang jenderal dan pasukannya hingga berdarah-darah. 

Tentara Abraha pun semakin mendekat dengan cepat, nasib kota Mekah dan penduduknya tergantung pada pasukan Aws yang dibangun dengan pertahanan sederhana terbentuk dari cinta untuk kota mereka. Sebagai pecinta anime, apakah kamu  tertarik untuk mengikuti kisah pasukan Aws melawan pasukan Abraha yang keji?