Film Bilal : Pahlawan dari Timur Tengah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Untuk pertama kalinya, Timur Tengah meluncurkan film animasi yang berlatar pada era Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Film dengan Judul Bilal itu diproduksi oleh Barajoun Entertainment Animation yang telah memulai pembuatannya selama lebih dari 10 tahun terkahir.

Dengan tampilan 3D, film ini pertama kali dikenalkan pada awal tahun 2015 lalu. Karya sutrada Ayman Jamal dan Khurram Alavi ini sempat ditayangkan di Festival Film Cannes dan memenangkan penghargaan untuk film paling menginspirasi. Film Bilal disebut-sebut menayangkan adegan pertarungaan terlama sepanjang sejarah film animasi.

Berseting pada seribu tahun yang lalu, Bilal yang sejak kecil diculik bersama adik perempuannya, Ghufaira. Sosok Bilal yang pemberani dan bermimpi menjadi pejuang besar sempat sirna. Namun ia berjuang untuk merenggut kembali kebebasannya.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata, Bilal bin Rabah adalah salah satu orang yang akhirnya memeluk Islam setelah mengenal Rasulullah. Ia juga menjadi sahabat kepercayaan Nabi Muhammad. Dikisahnya bahwa suara Bilal adalah berkah baginya. Suaranya yang lantang dan merdu menjadikannya muadzin pertama dalam Islam.

Nama seperti Adewale Akinnuoye-Agbaje, Ian McShane, dan Thomas Ian Nicholas bergabung sebagai pengisi suara. Film berduarasi 150 menit ini sengaja dibuat dalam bahasa inggris untuk menargetkan penonton di Amerika Serikat. Film ini dirilis tanggal 8 September di Timur Tengah, belum ada tanggal pasti penayangan film Bilal secara internasional.

Baca Selengkapnya : Film Bilal : Pahlawan dari Timur Tengah

Leave a Comment