Mengenal Lebih Jauh Sosok Mahershala Ali, Muslim Pertama Pemenang Oscar

Mahershala Ali Mahershala Ali ( Foto : GQ.com )

Muslimahdaily - Mengawali karier sebagai aktor sejak tahun 2001, nama Mahershala Ali mulai populer ketika muncul dalam film Moonlight. Sosoknya pun kemudian makin digemari ketika berhasil meraih piala Oscar 2017 sebagai aktor pendukung terbaik.

Pria bernama lengkap Mahershala Karim Ali ini merupakan aktor kulit hitam yang baru dikenal setelah 10 tahun debutnya. Dia muncul dalam film seri Netflix bertajuk House of Cards sebagai Remy Danton dan film Luke Cage sebagai Cornell Stokes. Dunia internasional baru melihat penampilannya saat muncul di film populer The Hunger Games: Mockingjay Part 1 dan Part 2. Di film fiksi sains tersebut, Ali berperan sebagai Colonel Boggs.

Lupa dengan peran Coloel Boggs? Ia merupakan pimpinan sebuah tim yang salah satu anggotanya yakni si tokoh utama, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence). Boggs tewas di tengah perjalanan kemudian menyerahkan alat penting untuk Katniss melanjutkan perjuangannya. Kemunculannya hanya singkat namun ternyata sejak itu, Ali memiliki lebih banyak kesempatan di Hollywood.

Ia kemudian pendapat peran lebih banyak dalam film Moonlight sebagai Juan. Di film tersebut, aktor kelahiran 1974 ini memang hanya muncul di bagian awal. Namun karakter yang dibawakannya sangat melekat hingga akhir film. Itulah mengapa ia mampu meraih piala Oscar berkat aktingnya yang mengagumkan di film tersebut.

Sebelum perhelatan Oscar, Ali masuk di beberapa nominasi ajang lain, termasuk Golden Globe Awards dan British Academy Awards. Namun ia tak membawa piala dua ajang tersebut. Takdir berkata lain, ia justru memenangkan piala di ajang yang paling bergengsi, Oscar dan mengalahkan banyak aktor kenamaan Hollywood lain, yakni Dev Patel, Lucas Hedges, Michael Shannon dan Jeff Bridges.

Saat memberikan pidato kemenangan, Ali menyebutkan nama gurunya satu per satu dan berterima kasih kepada mereka. Berkat mereka, menurut Ali, ia mampu berakting dengan baik. “Mereka selalu berkata padaku bahwa ini bukanlah tentang kau, melainkan tentang karakter yang kau perankan,” ujarnya.

Kemenangannya ini pun kemudian mencetak sejarah baru yakni sebagai muslim pertama yang memenangkan Oscar. Sebetulnya, Ali tidaklah lahir dari keluarga muslim. Ia merupakan seorang mualaf dan menggunakan nama Mahershala Ali sebagai ganti nama kelahirannya, Mahershalalhashbaz Gilmore atau Eric Gilmore.

Ali nampak bahagia saat menggenggam piala Oscar pertamanya. Ia pula ternyata baru saja menjadi seorang ayah sehari sebelum ajang penghargaan tersebut dihelat. Istrinya, Amatus Sami-Karim baru saja melahirkan anak pertamanya pada hari Sabtu (25/2/2017). Putri pertama Ali itu pun diberi nama Bari Najma.

Dalam wawancara khusus dengan The Hollywood Reporter, Ali mengungkapkan kehidupannya sejak kecil. Pria kelahiran Oakland California tersebut mengisahkan bagaimana kehidupan suramnya ketika orang tuanya bercerai. Sang ayah pergi meninggalkan keluarga saat ia berusia 3 tahun.

Ali pun hidup di dalam kemiskinan. Ibunya telah menikah lagi, namun tak banyak mengubah kondisi ekonomi keluarganya. Ia pula dididik oleh ibu dan ayah tirinya dengan sangat ketat dan keras. “Aku di ambang batas depresi selama bertahun-tahun,” ujarnya.

Meski demikian, ia bersyukur pada ibu dan ayah tirinya karena telah membesarkannya dengan baik. Bahkan karena kehidupan bersama keduanya lah Ali memiliki keinginan untuk berakting.

Ali juga mengisahkan kehidupannya di tengah lingkungan miskin. Ia sering kali menyaksikan teman-teman ibunya menjajakan narkotika. Bahkan sepupunya pula pernah dipenjara karena mencuri. Aktor yang gemar bersepeda tersebut menjadi saksi kemelaratan komunitasnya, para warga kulit hitam di Oakland.

Kehidupan terus dijalani Ali dengan menjadi anak yang baik. Ia kemudian sangat berprestasi di bidang olahraga, yakni basket. Ali bahkan mendapat beasiswa dari Saint Mary’s College pada tahun 1992 karena prestasinya tersebut. Dari situlah Ali mendapat kesempatan berakting.

Dari salah seorang profesornya di kampus tersebut, Ali mendapat tawaran bermain teater tentang Othello. Sejak itulah ia terus menikmati menjadi seorang aktor hingga kini.

Sumber : Movimagz.com