Bacaan Lengkap Sholawat Asyghil, Lirik beserta Arti hingga Keutamaannya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Membaca sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah kita terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala. Saat membaca sholawat, Allah akan memberikan rahmat kepada kita hingga sepuluh kali lipat seperti yang tertuang pada HR Muslim.

“Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

Salah satu bacaan sholawat yang disarankan untuk dibaca setiap hari oleh umat islam yaitu sholawat asyghil.

Sholawat asyghil merupakan salah satu sholawat yang kerap dilantunkan setelah azan berkumandang. Diketahui bahwa sholawat asyghil ini merupakan sholawat zalimin, atau sholawat dengan keuatamaan terhindar dari segala kezaliman.

Lirik sholawat asyghil ini dipanjatkan oleh Imam Ja’far ash-Shodiq yang merupakan seorang ulama yang menjadi tonggak keilmuan di awas masa keemasan umat islam.

Sholawat asyghil ini kerap disarankan oleh para ulama agar dibaca setiap hari dan berulang kali untuk membentengi diri dari kezaliman.

Sahabat muslimah dapat membaca sholawat asyghil ketika dihadapkan dengan suatu keadaan maupun kondisi yang genting. Sholawat asyghil juga dapat dilantunkan sebagai permohonan untuk menjauhkan dan melindungi kita dari segala bentuk kezaliman yang ada.

Berikut adalah lirik sholawat asyghil berseta dengan artinya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad

وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ

wa asyghilizh zholimin bidz zholimin

وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ

wa akhrijna min bainihim salimin

وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahab.

Leave a Comment