Metropolitan Museum of Art; Pusat Jejak Kekayaan Islam di Amerika

Metropolitan Museum of Art Metropolitan Museum of Art ( Foto : Britannica.com )

Muslimahdaily - Meski terkenal sebagai salah satu negara yang sangat frontal terhadap muslim yang selalu dihubungkan dengan kelompok teroris, namun siapa sangka di Amerika Serikat tepatnya di jantung kota New York berdiri megah Metropolitan Museum of Art (The Met), sebuah museum yang memberi ruang bagi sejarah kebudayaan Islam untuk dipamerkan kepada warga Amerika dan juga dunia.

Galeri seni Islam tersebut berisikan seni dari Tanah Arab, Turki, Iran, Asia Tengah dan Selatan. Bangunan ini sempat direnovasi dan dibuka kembali untuk umum pada November 2011.

Meski Amerika Serikat sempat tegang karena peristiwa 11 September, namun menurut sang kurator dan administrator Departemen Seni Islam di Museum ini, Navina Najat Haidar, reaksi warga New York, terutama yang muslim sangat luar biasa.

Hal ini karena museum ini menampilkan warisan kebudayaan muslim dunia yang penting. Selain itu kehadiran galeri khusus seni Islam ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat mengenai kebesaran Islam sehingga bisa mengubah pandangan warga Amerika terhadap Islam.

Galeri yang berisikan benda-benda peninggalan sejarah dan kebudayaan Islam tersebut berdiri di ruangan seluas 1.800 meter persegi dengan 15 ruang pamer. Ruangan-ruangan tersebut menampilkan jejak peradaban Islam dalam rentang waktu lebih dari 13 abad.

Koleksinya pun beragam, mulai dari Timur Tengah, Eropa, Asia Tengah dan Selatan hingga Afrika. Ada lebih dari 12.000 karya seni yang berhubungan dengan Islam. Karya seni tersebut didapat melalui pembelian maupun hadiah selama 140 tahun sejarah berdirinya museum ini.

Koleksi utama galeri seni Islam di Metropolitan Museum of Art berada di Ruang pamer Damaskus; sebut saja ada beragam hiasan mewah yang dibuat tahun 1707, beberapa karpet klasik terbaik dan terindah dari abad ke 16 dan 17, Al Quran dari masa abad awal dan pertengahan, kaca, logam dan keramik kuno dari Mesir, Irak, Suriah dan Iran, lukisan dari zaman kekaisaran Shah Jahan dan juga rumah orang kaya di zaman Utsmani.

Sebagai informasi, Museum of Art adalah salah satu museum terpenting di Amerika, sehingga dengan adanya galeri seni Islam di dalamnya seakan memberi tanda meski Amerika terkenal frontal dengan Islam namun mereka menghargai kebudayaan dan karya seni yang menunjukkan tingginya peradaban manusia di jaman keemasan Islam yang juga menjadi bagian dari kebudayaan dunia secara umum.

So, jika Anda berkesempatan mengunjungi New York, jangan lupa sempatkan diri mampir ke museum ini ya dan lihat bagaimana hebat dan agungnya kebudayaan Islam dari seluruh penjuru dunia.

Last modified on Jumat, 20 April 2018 01:37

Leave a Comment