The Punchbowl Mosque, Bertemunya Seni Arsitektur Islam dan Barat

The Punchbowl Mosque The Punchbowl Mosque ( Foto : Mvslim.com )

Muslimahdaily - Berbagai macam cara dakwah digunakan oleh umat muslim di dunia barat agar pesan kedamain islam dapat dipahami oleh umat beragama lain. Salah satu caranya adalah membangun masjid sebagai pusat kegiatan dan aktivitas keagamaan.

Umat muslim di Australia tak hanya ingin membangun masjid sebagai tempat ibadah, tapi masjid sebagai tempat untuk bersosialisasi. Masjid umat muslim di Australia adalah tempat dimana Muslim dan Non-Muslim orang Australia datang Bersama untuk berdoa, berbincang, dan menikmati keindahan seni Islami.

Kubah masjid ini adalah hasil dari karya kreatif arsitektur dengan berbagai latar kebudayaan yang berbeda, sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang cantik!

Masjid yang baru dibangun ini menjadi symbol perbedaan dan multi budaya di Australia, ini adalah tafsiran yang sangat modern bagaimana seharusnya masjid terlihat, menjadikannya sebagai kombinasi arsiktektur Islam dan Barat.

Arsitektur yang bekerja di balik masjid ini, Candalepas , dia adalah seorang Yunani yang beragama Kristen orthodox yang menghabiskan waktunya di berbagai negara islam dan mengunjungi banyak masjid untuk mendapatkan inspirasi.

Masjid ini, memiliki banyak dinding kaca untuk mendapatkan cahaya sebanyak mungkin, mempunyai perpustakaan, sebuah kafe, pusat komunitas perempuan dan pusat pengunjung yang terbuka untuk semua!

“Orang yang melewati masjid di jalan dapat melihat apa yang sedang terjadi di dalam masjid. Kami ingin menunjukan tidak ada yang disembunyikan dan untuk non-muslim masjid juga bisa menjadi sesuatu yang menghubungkan ke cara hidup orang Australia.” Ujar Hakan Elevli selaku arsitek The Punchbowl Mosque, seperti dikutip dari CNN.

Masjid ini memiliki 99 kubah, yang mewakili 99 nama Allah setiap kubuhnya dibuat tulisan asma Allah oleh sebuah grup kaligraphi yang berasal dari Turki.

Bagiamana, kamu tertarik mengunjungi masjid cantik ini ?

Last modified on Sabtu, 19 Mei 2018 12:01

Leave a Comment