8 Masjid Bersejarah di Amerika yang Selalu Ramai Jamaah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Perkembangan agama Islam kini tidak hanya di negara-negara Asia atau Afrika saja, tapi makin merambah ke negara-negara lainnya, seperti Amerika Serikat. Selain jumlah umat muslim yang kian bertambah, jumlah masjid yang didirikan di negeri adidaya tersebut juga makin banyak. Selain memiliki latar belakang sejarah, masjid-masjid ini juga selalu ramai dikunjungi oleh jamaah.

1. Islamic Center of Washington - Washington, D.C.

( Foto : Wikimedia.org )

Salah satu masjid paling awal yang akan dibangun di Amerika Serikat, Islamic Center of Washington adalah masjid terbesar di Belahan Barat ketika dibuka pada tahun 1957. Selain ruang sholat, fasilitas ini juga menawarkan perpustakaan dan sesi pendidikan tentang Islam dan Arab.

2. Diyanet Center of America - Lanham, Maryland

(Foto : Haberabd.com )

Terletak hanya 24 kilometer di luar ibu kota negara, Diyanet Center of America melayani komunitas Turki dan Muslim lainnya yang tinggal di daerah tersebut. Struktur yang menakjubkan menyambut para jamaah, seperti bagian interior putih yang indah dengan aksen biru dan emas menyediakan tempat yang tenang untuk sholat dan mendekatkan diri dengan Allah.

3. Islamic Center of America - Dearborn, Michigan

( Foto : Cbslocal.com )

Hanya 20 menit dari pusat kota Detroit, masjid ini adalah yang terbesar di Amerika Serikat. Islamic Center of America membuka pintu-pintu kayu yang indah untuk Dearborn dan masyarakat sekitar pada tahun 2005, terutama untuk menampung populasi Muslim Michigan yang luas.

4. Masjid Al-Farooq, Atlanta

( Foto : Masjidbeautificationday.com )

Di antara banyak masjid di Atlanta, masjid Al-Farooq menjadi favorit warga lokal berkat keindahan arsitekturnya yang indah, baik di dalam dan di luar. Dibuka pada tahun 1980, masjid tersebut telah berkembang untuk mengakomodasi komunitas Muslim di daerah tersebut. Selain itu, banyak jamaah yang mengunjungi masjid yang memiliki pasar halal, toko buku, gedung sekolah, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

5. Masjid Dar al-Islam - Abiquiu, New Mexico

( Foto : Daralislam.org )

Mungkin salah satu masjid paling unik di Amerika Utara, Masjid Dar al-Islam terletak tepat di kota Abiquiu di New Mexico utara. Berjarak satu jam di utara Santa Fe, Dar al-Islam merupakan komunitas Islam pertama di Amerika Serikat. Selain menawarkan pengajaran agama, juga menyediakan lokakarya tentang Islam, dan retret bagi umat Islam di komunitasnya maupun di tempat lain.

6. Islamic Center of Greater Toledo - Perrysburg, Ohio

( Foto : Wikimedia.org )

Selain masjid indah ini, Komunitas Muslim di Ohio memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Memiliki jamaah yang datang dari berbagai suku bangsa, Islamic Center of Greater Toledo jug mengusung komitmennya akan kesetaraan hak perempuan. Bangunan ini juga dimanfaatkan untuk sekolah Islam penuh waktu dan menawarkan berbagai kegiatan untuk anggota dan pengunjung.

7. Islamic Center of Central Missouri - Columbia, Missouri

( Foto : Theiccm.org )

Didirikan pada 1983 sebagai masjid pertama di negara bagian itu, Islamic Center of Central Missouri merupakan bangunan putih kecil yang berubah menyala setelah gelap. Bukan hanya sebagai tempat untuk ibadah, tapi juga digunakan untuk menggelar acara komunitas untuk Muslim lokal. Orang-orang yang ingin belajar tentang budaya dan warisan Islam pun bisa datang ke sini.

8. Assalam Center - Boca Raton, Florida

( Foto : Innovativegroupinc.com )

Bukan hanya sekadar masjid, bangunan ini dimanfaatkan juga sebagai sekolah seluas 11.000 kaki persegi (1.022 meter persegi), yang melayani pendidikan dari kelompok bermain hingga kelas 12. Lewat Assalam Center Boca Raton, Komunitas Muslim South Florida meraih anak-anak muda dengan mengadakan berbagai kegiatan seusai sekolah serta memberikan tempat yang damai untuk berdoa bersama keluarga.

Last modified on Selasa, 29 Mei 2018 06:12

Leave a Comment