Masjid Kirklar, Sensasi Sholat Berjamaah di Atas Tebing 3.200 Meter

Masjid Masjid ( Foto : Mvslim.com )

Muslimahdaily - Bertengger di atas ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut, Masjid Kirklar adalah sebuah masjid yang akan sangat sempurna bagi Anda para pecinta alam.

Masjid ini berada di sisi tebing yang menghadap Laut Hitam di utara Turki dengan pemandangan spektakuler yang akan membuat napas Anda sejenak berhenti karena takjub.

Masjid yang populer dengan nama Kirklar ini terletak di antara wilayah Bayburt dan Trabzon. Hampir setiap saat, masjid ini tak pernah sepi pengunjung terutama para pecinta alam yang rindu dengan suasana tenteram dan damai.

Dari kejauhan, tampak Masjid Kirklar bagaikan masjid di atas awan yang senantiasa berkabut putih dan dihiasi awan.

Tak sedikit kalangan pecinta alam atau pendaki Muslim yang merasakan kedamaian saat sholat di masjid ini. Mereka juga selalu ingin datang lagi setiap tahun.

Kirklar sendiri merupakan sebuah istilah yang didedikasikan bagi tokoh atau orang baik yang datang dengan jawaban atau solusi untuk masalah sosial bagi masyarakat. Masjid yang usianya tidak diketahui tersebut diyakini sebagai tempat pertemuan tokoh – tokoh masyarakat tersebut.

Meski tidak terlalu luas, namun ruang aula sholat berjamaah bisa menampung sekitar 25 – 30 jamaah. Selain itu, terdapat juga ruangan untuk tempat tidur dan dapur bagi musafir atau siapa saja yang ingin menginap.

Butuh pendakian ekstra

Mengingat lokasi masjid yang berada di puncak tebing, memang dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi. Panorama yang ditawarkan begitu dramatis dan mengundang decak kagum.

Seketika semua pengunjung akan merasakan kedamaian begitu menjejakkan kaki di pelataran dan aula masjid. Tak bisa dipungkiri, masjid di Turki ini memiliki keunikan yang tidak ada bandingannya.

Banyak para pengunjung baik muslim atau non – muslim yang datang untuk sekadar berfoto dan mengabadikan masjid di atas awan ini. Kehadiran pengunjung juga diharapkan dapat mendatangkan pundi – pundi tambahan bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Melihat potensi wisata yang sangat besar inilah, pemerintah bekerja sama dengan warga setempat berupaya untuk melestarikan masjid yang tidak diketahui sejarah pembangunannya ini. Namun, terlepas dari hal itu, semua orang yang berkunjung ke masjid Kirklar sepakat bahwa masjid yang berada di puncak tebing ini benar – benar menawarkan kedamaian dan perasaan yang lebih khusyuk saat menjalankan ibadah sholat di dalamnya.

Last modified on Selasa, 11 Desember 2018 13:29

Leave a Comment