Berjiwa Unggul, Bangsa Moor Muslim di Spanyol yang Memengaruhi Arsitektur dan Teknologi Dunia

Mezquita de Córdoba Mezquita de Córdoba ( Foto : saposyprincesas.elmundo.es )

Muslimahdaily - Pada tahun 1492, Muslim Moor sempat menjadi bagian penting dari negara Spanyol selama hampir 8 abad. Namun, setelah jatuhnya Granada ke tangan bangsa Monarch Katolik, ini adalah akhir bangsa Moor di tanah Andalusia.

Bangsa Moor dikenal sebagai penganut agama Islam yang taat dan mampu mengarungi selat Gibraltar yang ganas. Mereka tidak hanya piawai dari sisi budaya dan agama, tetapi juga dari sisi teknologi dan pengetahuan.

Bisa dikatakan, di bawah kekuasaan bangsa Moor, Spanyol semakin berkembang dalam bidang sains, matematika serta geografi dan filsafat. Bahkan, pengaruh bangsa Moor Muslim terhadap Spanyol masih bisa dirasakan dan dilihat hingga kini. Tengok saja beberapa bangunan istimewa di Spanyol seperti benteng Granada yang membuktikan arsitektur, pertanian dan persenjataan bangsa Moor turut mewarnai sejarah dan budaya Negeri Tango.

Arsitektur

Atraksi wisata yang sangat memikat seperti Taman Air Dorne merupakan salah satu tujuan para pelancong datang ke Spanyol. Istana indah ini dibangun oleh raja – raja Moor dengan lengkungan dan desain geometris yang rumit. Ini adalah contoh arsitektur Islam yang terhebat dan menakjubkan.

Gaya arsitektur yang senada dapat dilihat di Istana Alhambra atau Qalat Al-Hamra. Selain itu, pelancong juga bisa mengunjungi pesona Mezquita de Córdoba (Masjid Agung Córdoba)

Bahasa

Selama periode kejayaan bangsa Moor Muslim, Spanyol bersinergi dengan bangsa Arab sedemikian rupa. Hingga kini bahkan terdapat beberapa persamaan bahasa seperti “Ojala” yang dalam bahasa Spanyol berarti semoga. Konon, bahasa itu berasal dari kata “Insya Allah” yang berarti semoga dalam bahasa Arab.

Kesamaan bahasa lain juga dapat didengar dalam kata – kata seperti arroz, azúcar, dan almohada. Pengaruh bahasa Arab pada bahasa Spanyol tidak terbatas pada penggunaan kalimat atau frasa sehari-hari. Contoh lain juga dapat didengar dalam pengucapan huruf "h" di daerah-daerah tertentu di Spanyol dan nama-nama landmark utama, seperti Costa del Azahar.

Teknologi

Bangsa Muslim Moor memberikan pengaruh pengetahuan dan teknologi karena sering bertualang ke negeri – negeri yang jauh. Seperti Cina, India dan wilayah lain di seluruh dunia melalui jalur perdagangan. Teknologi baru yang mereka peroleh kemudian diperkenalkan seperti sistem angka Arab, kertas dari Cina, astrolab hingga sistem irigasi untuk pertanian.

Bahkan, metode pertanian ini mampu memberikan teknologi baru yang membuat daerah – daerah tandus menjadi ladang perkebunan yang subur. Sebagai contoh, di daerah padang pasir di Afrika utara, kini menjadi salah satu kebun jeruk dan tebu terbesar yang menguntungkan dari sisi finansial masyarakat setempat. Bahkan, menjadikan Spanyol sebagai negara penghasil komoditas jeruk terbesar di dunia.

Last modified on Senin, 25 Maret 2019 09:19

Leave a Comment