Bak Surganya Dunia, Menilik Indahnya Masjid Hamidiye Camii di Turki

Masjid Hamamiye Camii Masjid Hamamiye Camii ( Foto: Ilmfeed )

Muslimahdaily - Identik sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid dikenal dengan kemegahan arsitektur dan konsep struktur bangunananya. Banyak masjid yang tersebar di seluruh dunia dengan gaya arsitektur, seni, historis, serta budaya yang memengaruhi desain bangunan masjid.

Ada yang berlapis emas, berkonsep minimalis nan modern, hingga memiliki arsitektur yang indah. Salah satunya, Masjid Hamidiye Camii di Turki yang terkenal dengan arsitektur yang megah dan desain interior layaknya surga yang indah.

Masjid yang terletak di Kirsehir Turki, masjid ini dibangun pada masa Kekhalifahan Utsmaniyah pada 1910 silam. Nama Hamidiye Camii di ambil dari nama salah satu khalifah besar saat itu, yakni Sultan Abduhlhamid II Khan.

Melansir dari The Islamic in Information, masjid ini sempat diruntuhkan sebelum akhirnya kembali dibangun setelah kerajaan Utsmaniyah runtuh, dan kemudian mengubah namanya.

Jika melihat konsep konstruksinya, mereka membangun Masjid Hamidiye Camii dengan mendefinisikan Surga yang digambarkan dalam Al Qur'an. Di tangan arsitek asal Azerbaizan, konsep surga tergambar dan di desain dalam ruangan masjid tersebut.

Banyak orang yang telah mengunjungi dan beribadah di dalam masjid tersebut. Mereka mengatakan, serasa berdoa di surga dan merasa tenang saat melaksanakan ibadah di Masjid Hamidiye Camii.

Interior desain derasnya air terjun, hijaunya rumput dan pepohonan rindang berpadu dengan birunya langit menambah sejuknya  masjid yang didominasi dengan warna hijau dan biru muda ini.

Terlihat di mimbar khatib dan mihrab imam Salat, terpampang lukisan air terjun dan pepohonan rindang. Sedangkan pada bagian lantai, digelar sajadah dengan motif rerumputan hijau dan ornament kayu pada lantainya.

Imam Besar Masjid Hamidiye Camii, Sefa Ekinci, mengatakan mereka telah berupaya keras untuk masjid ini terlihat indah.

“Masjid ini adalah karya seni yang hebat, dan anggota berusaha kerasa untuk membangun karya agung ini dan merupakan karya seni yang indah,” kata mantan Imam Masjid, Yilmaz Akcakaya.

Last modified on Selasa, 10 Desember 2019 22:00

Leave a Comment