8 Masjid dengan Arsitektur Memukau di Dunia

Masjid Islamic Center Rijeka, Kroasia Masjid Islamic Center Rijeka, Kroasia

Muslimahdaily - Desain bangunan masjid biasanya identik dengan kubah besar dan menara yang tinggi, namun ternyata desain masjid di dunia tidak seperti desain masjid pada umumnya seperti yang biasa kita lihat. Semakin majunya perkembangan zaman semakin berkembang pula desain-desain sebuah bangunan, termasuk desain masjid. Para arsitek semakin berani bermain dengan membuat desain bangunan masjid yang tidak biasa.

Banyak masjid-masjid di dunia yang memiliki desain-desain unik dan dapat memanjakan mata siapa pun yang melihatnya. Berikut beberapa masjid dengan desain yang unik di dunia:

Masjid Djene, Mali

Masjid Djene terletak di wilayah Farmantala, kota tua Djenne, Mopti, Republik Mali, Afrika Barat. Masjid ini memiliki desain arsiterktur yang unik, lantaran seluruh bahan bangunannya terbuat dari tanah cair (lumpur). Selain dianggap sebagai bangunan lumpur terbesar di dunia, gaya arsitektur Sudano Sahelian pada masjid ini juga dianggap sebagai yang terbaik menurut banyak aritek lainnya.

Masjid lumpur ini dibangun pertama kali pada tahun 1240 M oleh Sultan Koii Kunboro, yang saat itu merupakan penguasa Djene. Awalnya bangunan masjid adalah sebuah istana, namus setelah Sultan Koii memeluk Islam, istana tersebut dialihfungsikan menjadi sebuah masjid. Masjid ini beberapa kali mengalami renovasi lantaran bangunannya yang sudah lapuk dan runtuh.

Masjid ini memiliki beberapa ruangan besar dan banyak koridor yang dipisahkan oleh kolom di dalamnya. Satu setengah bagian dari masjid merupakan ruang doa terbuka, sementara yang lainnya tertutup atap. Bagain atap didukung oleh 90 pilar kayu. Ruang paling besar mampu menampung 3.000 jamaah. Meski tidak memiliki pantai berubin, untuk memasuki ruang tersebut para penghujung bisa langsung berjalandi tanah kosong.

Masjid e Safina

Berbeda dengan masjid lainnya, masjid satu ini memiliki desain yang sangat unik yaitu menyerupai sebuah kapal laut. Karena bentunya yang unik itu, masjid yang terletak di Bakra Peri, Karachi, Pakistan ini juga dikenal dengan Masjid Boat Shapped. Tak heran jika keunikannya tersebut menjadikan masjid ini sebagai identitas daerah tersebut.

Masjid E Safina ini dibangun selama tujuh tahun dan menghabiskan biaya sekitar 47,5 juta rupee Pakistan (Rp 4,8 miliar). Seluruh dana tersebut didapat dari dari masyarakat umum dan penduduk setempat. Keindahan masjid ini akan semakin terlihat ketika dilihat pada malam hari lantaran bangunan masjid dihiasi dengan lampu-lampu cantik.

Masjid Islamic Center Rijeka, Kroasia

Masjid satu ini memiliki bentuk bangunan yang unik dengan gaya futuristik dan artistik. Selain Bentuk kubah yang didesain eksentrik ada juga menara setinggi 23 meter yang posisinya terpisah dengan bangunan masjid. Warna perak yang menyelimuti seluruh bagian luar bangunan semakin memberikan kesan yang mewah pada Masjid Islamic Center Rijeka ini.

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi ini selain berfungsi sebagai pusat keislaman, tetapi juga merupakan mahakarya seni patung superbesar di negara tersebut.

Masjid Permata Qolbu, Indonesia

Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki masjid yang unik, salah satunya adalah Masjid Permata Qolbu yang terletak di Jakarta. Masjid ini didesain oleh MASS yaitu studio arsitek ternama di Jakarta. Masjid satu ini memiliki bentuk kolom-kolom besar ke atas dan bersekat-sekat yang menjadi ciri khasnya. Disamping kanan dan kiri masjid juga terdapat dinding menjulang yang berwarna putih.

Wall Dome, Prishtina, Kosovo

Masjid satu ini diranang oleh arsitek asal italia, Paolo Venturella. Masjid ini dirancang sebagai masjid modern, ramah lingkungan, serta nyaman bagi penghuninya. Paolo menggabungkan dua elemen utama masjid yaitu kiblat dan kubah dalam sebuah masjid modern.

Hampir semua bagian di masjid ini merupakan sebuah perlambangan. Guratan-guratan dan lengkungan yang ada di sekujur permukaan bangunan mengarah ke kiblat, menunjuk ke Mekah. Sementara itu, bentuk melengkung kubah pada masjid ini menciptakan sebuah ruang komunitas. Ruangan tersebut dapat digunakan untuk berkumpul dan sholat bersama. Ruang shalatnya juga dibagi menjadi dua ruang terpisah. Satu ruangan yang lebih kecil digunakan untuk shalat setiap senin hingga kamis. Sementara ruangan yang lebih besar digunakan untuk shalat jumat atau peringatan-peringatan besar Islam.

Itu dia beberapa masjid dengan arsitektur yang unik namun tetap enak dipandang mata.

Leave a Comment