5 Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Orang Sibuk

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Belajar Bahasa Arab di tengah-tengah jadwal yang padat merupakan suatu tantangan, tetapi belajar bahasa adalah tentang bagaimana kita bisa terus konsisten. Berikut adalah beberapa ide dari Abdul Aleem yang saat ini sedang mengejar gelar Master dalam bidang Fiqh dari Medina International Islamic University Malaysia yang dapat membantu kamu untuk tetap berproses belajar bahasa Arab, bahkan jika kamu benar-benar sibuk, dilansir dari muslimmatters:

Gunakan Frequency List untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Arab

Meskipun penting untuk mempelajari tata bahasa, kosakata adalah pilar dalam mempelajari bahasa. Meskipun bahasa Arab memiliki lebih banyak kata daripada bahasa lain, kamu hanya perlu mempelajari beberapa dari mereka untuk mulai memahami banyak hal.

Selalu ada perbedaan besar antara jumlah kata dalam bahasa dan jumlah kata dalam penggunaan aktif. Jika kamu belajar bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara informal, kamu harus mulai dengan kata-kata yang digunakan dalam percakapan. Hal yang sama berlaku ketika belajar Bahasa Arab. Jika kamu belajar Bahasa Arab untuk memahami Al Qur'an, mulailah dengan kosakata dalam Al Qur'an. Menempatkan kata-kata Al Qur'an ke dalam frequency list akan menghasilkan hasil yang luar biasa.

Gunakan Handphone Sebagai Alat Pembelajaran

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alat belajar yang sangat canggih di sakunya, ya handphone. Alat ini berada di dekatmu selama 24 jam dalam sehari. Rata-rata orang menghabiskan sekitar 90 menit untuk menggunakan handphone setiap harinya. Sekarang jika kamu berkeinginan untuk membuka media sosial, cobalah lakukan ini sebagai gantinya:

Aplikasi Flashcard

Flashcards adalah cara yang sudah terbukti bagus untuk belajar. Selain itu, Flashcard sangat cocok bagi orang-orang yang sibuk. Ada dua aplikasi yang bisa kamu coba: Anki dan Quizlet.

Menulis Esai Pendek dan Koreksi

Setelah mempelajari beberapa kosa kata, agar lebih efektif kamu bisa melatihnya dengan menulis esai dengan kata-kata tersebut. Setelah menulis, kamu bisa mengoreksi tulisanmu pada situs lang-8 atau italki. Situs-situs ini memungkinkan kamu menemukan penutur asli yang akan memperbaiki tulisanmu dengan sedikit biaya. Jika kamu niat dan mau untuk membayar, ini adalah sesuatu yang sangat disarankan. Namun jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya, posting tulisanmu di papan komunitas, seperti Reddit belajar bahasa Arab. Maka pasti akan ada orang-orang yang akan siap membantu mengoreksi, Insya Allah.

Cari Teman untuk Berinteraksi dengan Bahasa Arab

Ada banyak orang di luar sana yang dengan senang hati membantu kamu untuk berdialog bahasa Arab bersama mereka. Jika kamu tidak menemukannya, membayar seseorang dengan biaya yang masuk akal bisa menjadi pilihan.

Terakhir, teruslah berlatih selama beberapa menit setiap hari untuk dapat membantumu agar tetap berkomitmen dan mempercepat proses pembelajaran.

Last modified on Kamis, 06 Februari 2020 17:26

Leave a Comment