Ketika Gereja Berubah Menjadi Masjid Megah

Muslimahdaily - Populasi pemeluk agama islam di negara - negara barat bertambah dengan sangat pesat, bahkan pada tahun 2070 islam diprediksi akan menjadi agama terbesar di dunia. Kebutuhan akan masjid sebagai tempat ibadah dan sarana dakwah, membuat warga muslim membeli bangunan gereja yang sudah tidak terpakai, lalu mengubahnya menjadi masjid.

Penasaran dengan gereja-gereja yang kini berubah menjadi masjid megah ? Berikut 5 diantaranya yang Muslimahdaily.com kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Darul Ulum Islamic Center, Amerika Serikat

Darul Ulum Islamic Center adalah masjid sekaligus pusat kebudayaan Islam di Minnesota yang dahulunya adalah gereja St. John yang telah berumur 127 tahun. Gereja itu ditutup pada 2013 karena penurunan jemaah yang signifikan.

2. Masjid Sentral Wembley, Inggris

Masjid ini dulunya adalah gereja, namun kini sudah disulap menjadi masjid megah di jantung kota Wembley bahkan sangat dekat dengan Wembley Park Station. Meski sudah ditambahkan kubah di puncak menaranya, namun kekhasan bangunan bekas gereja tersebut masih terlihat sehingga siapa saja yang melihat bangunan masjid indah ini akan tahu jika dulunya bangunan itu adalah gereja.

3. Masjid Agung di Marseille, Prancis

Gereja Notre-Dame S de la Garde telah menghiasi pemandangan kota Marseille, Prancis selama 150 tahun. Posisinya yang strategis karena terletak di titik tertinggi kota itu dan menghadap ke arah pelabuhan tua membuatnya menjadi salah satu bangunan favorit di Marseille. Namun kini gereja tersebut telah berubah menjadi masjid agung.

4. Masjid Jami`London, Inggris

Masjid ini dulunya adalah gereja pemeluk Kristen protestan yang didirikan pada tahun 1743. Setelah perjalanan yang panjang, gereja ini kehilangan jamaahnya dan kemudian pada 1976 diambil alih oleh kelompok muslim. Masjid Jami` di London ini juga biasa disebut masjid Brick Lane karena terletak di Brick Lane 52. Masjid Jami` ini merupakan masjid terbesar di London yang mampu menampung hingga 4.000 jemaah.

5. Masjid Didsbury Manchester, Inggris

Masjid ini dulunya adalah sebuah gereja komunitas Metodis bernama Albert Park yang telah beroperasi sejak 1883. Namun pada 1962 gereja tersebut ditutup dan kemudian beralih fungsi menjadi masjid dan Islamic Centre.

Leave a Comment