Mengintip Keindahan Langit Berbintang di Masjid Education City Qatar

masjid education city masjid education city (foto: pinterest.com)

Muslimahdaily - Jika kamu adalah orang yang sangat tertarik dengan keindahan arsitektur suatu bangunan, maka kamu harus berkunjung ke salah satu masjid dengan desain yang sangat unik dan indah di Qatar. Namanya adalah Masjid Education City yang terletak di dalam komplek Fakultas Studi Islam Qatar (QFIS). Masjid ini masih menjadi bagian dari kawasan mandiri seluas 14 kilometer persegi di ar-Rayyan, Qatar.

Masjid yang bangunannya selesai pada tahun 2015 ini merupakan hasil rancangan para arsitek dari Mangera Yvars Architecs, yang memiliki kantor di London Barcelona. Dibangun dengan konsep arsitektur modern kontemporer, Masjid Education City nyatanya telah menjadi salah satu proyek tersukses mereka.

Mengutip dari laman resmi Education City, masjid ini memiliki lima pilar besar yang mewakili lima rukun Islam, dengan masing-masing pilarnya bertuliskan sebuah ayat yang diambil dari Al-Quran. Terdapat juga aliran air yang merepresentasikan 4 jenis sungai yang ada di surga, yaitu air, susu, madu dan minuman anggur.

Masjid yang bisa menampung 1.800 jamaah ini juga memiliki 2 tower setinggi 90 meter di bagian depan. Menurut laman Masfara, kedua tower tersebut menghadap ke arah Ka’bah di Mekah.

Salah satu yang membuat masjid ini terlihat futuristik adalah desain jendela dengan bentuk potongan kaca yang menempel bersamaan dengan lapisan yang mengelilingi bangunan masjid. Tak hanya itu, bagian luar masjid juga nampak cantik karena dihiasi oleh berbagai macam kaligrafi ayat-ayat Al-Quran.

Di dalam ruang shalat, kamu akan melihat karpet tebal yang dihamparkan dan juga meja serta laci kecil untuk menyimpan Al-Quran. Pihak masjid juga menyediakan kursi untuk jamaah yang harus shalat dengan posisi duduk.

Hal lain yang membuat orang lain ingin sekali shalat di masjid ini adalah keindahan langit-langit masjid, dirancang sedemikian mungkin hingga mirip dengan langit yang penuh dengan bintang.

Keindahan akan semakin jelas apabila kamu shalat di masjid ini saat malam hari, karena cahaya akan masuk dari lubang-lubang, seakan shalat di bawah gemerlap bintang.

Selain shalat jamaah, Masjid Education City uga berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan acara bagi seluruh komunitas muslim di daerah Ar-Rayyan dan sekitarnya. Tersedia juga berbagai kelas-kelas untuk kajian para jamaah.

Terdiri dari lima lantai dan basement untuk parkir kendaraan. Lantai dasar berisi area pameran, auditorium, assembly hall dan cafetaria, lantai satu ruang shalat untuk jamaah laki-laki, sedangkan jamaah perempuan ada di lantai dua, lantai tiga berisi pusat riset dan lantai empat merupakan kantor pengelola masjid.

 sumber foto: Masrafa.com

 

Last modified on Sabtu, 13 Jun 2020 17:32

Leave a Comment