Tak Hanya Hagia Sophia, Masjid Ini juga Pernah Dijadikan Gereja

Masjid Ketchaoua Masjid Ketchaoua

Muslimahdaily - Aljazair merupakan negara terbesar di Benua Afrika yang menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah. Sebut saja salah satunya Masjid Ketchaoua, bangunan warisan peninggalan Dinasti Ottoman. Bahkan Masjid Ketchaoua telah terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.

Dilansir dari Air France, Masjid ini pertama kali dibangun oleh suku Rebai pada 1436 dan oleh pemerintahan Ottoman diperbesar pada sekitar tahun 1613 silam. Sejarah mencatat bahwa bangunan Masjid Ketchaoua pernah dua kali runtuh. Hingga pada 1794, Hasan Pasha berinisiatif untuk membangun kembali dan terinspirasi oleh masjid di Turki yang dirancang oleh arsitek Kristen.

Ketika Prancis mulai menguasai daerah Aljazair, penguasa setempat memutuskan untuk menghancurkan bangunan dan mengubah Masjid Ketchaoua menjadi Gereja Katedral St Philippe sampai tahun 1962. Permukaan bangunan dibangun lima kali lebih besar dari sebelumnya. Tak hanya itu, bahkan dibangun dengan gaya campuran Romawi-Byzantium dan Turki-Arab.

Aljazair akhirnya dapat merebut kembali kemerdekaannya. Sehingga bangunan tersebut beralih fungsi kembali menjadi masjid hingga kini. Meskipun sempat berubah fungsi, bangunan itu tetap mempertahankan sebagaimana bentuk aslinya. Bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Katsyawah ini memiliki gaya arsitektur yang unik dan mengagumkan yaitu perpaduan antara gaya arsitektur Moor dan Byzantium.

Dilansir dari Algeria, bangunan yang sangat terkenal di Kota Aljir ini memiliki dua puluh tiga anak tangga yang mengarah ke pintu masuk masjid. Hal tersebut pastinya membuat para pengunjung terpesona ketika melihatnya. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki serambi yang dihias dengan desain menakjubkan dan kolom marmer berwarna hitam.

Tak hanya bagian luar, bagian dalam masjid juga memanjakan mata pengunjung. Bagian dalam dipenuhi dengan arkade, kolom marmer putih, kamar yang indah, serta menara dan langit-langit yang dihiasi karya plester Moor yang sangat memukau. Sayang sekali apabila dilewatkan oleh para wisatawan.

Leave a Comment