5 Fakta Tentang Lebanon, Negara Timur Tengah Rasa Eropa

kota beirut, lebanon kota beirut, lebanon (foto: lebanoninapicture.com)

Muslimahdaily - Ledakan besar telah mengguncang ibu kota Lebanon, tepatnya di Pelabuhan Beirut pada hari Selasa (4/8/20). Kabar ini tengah menjadi sorotan dan menghadirkan banyak kesedihan serta empati dari seluruh warga dunia. Beirut pun kini menjadi trending topic di berbagai platform media sosial.

Banyak orang yang awalnya belum mengetahui negara Lebanon, kini mereka ramai-ramai mencari tahu dimana letak negara tersebut dan Beirut, sebagai ibu kotanya yang terdampak langsung oleh ledakan besar.

Lebanon sendiri merupakan salah satu negara di Timur Tengah dengan daerah yang berbukit-bukit dengan pantai yang memanjang menyusuri laut Mediterania sejauh 210 km. berbatasan dengan Suriah di bagian utara dan timur, dan Israel di selatan.

Sebelum perang saudara terjadi di Lebanon (1975-1990), negara ini sangat amat menikmati ketenangan dan kemakmuran yang didorong oleh sektor pariwisata, pertanian dan perbankan. Namun , kini semuanya telah berubah.

Total penduduk Lebanon kurang lebih sekitar 4 juta jiwa. Namun masih banyak penduduk keturunan Lebanon yang akhirnya berdomisili diluar negaranya (diaspora) dalam jumlah yang cukup besar. Seperti di Brazil, Afrika dan beberapa negara lain.

Terbagi atas enam provinsi, Beirut, Mount Lebanon, North Lebanon, South Lebanon, Nabatieh, dan Bekaa. Sedangkan agama yang ada disana adalah Islam sunni, Syiah, Druze, Kristen (Maronit, Katolik Roma, Ortodox, dan Protestan).

Agar tak penasaran, berikut 5 fakta menarik lainnya tentang Kota Beirut dan negara Lebanon:

1. Swiss di Timur Tengah

Dahulu, Libanon pernah dijuluki dengan “Swiss di Timur Tengah” karena keunggulan finansialnya. Selain itu, Libanon juga merupakan pusat perbankan terpenting bagi banyak negara Arab.

2. Gunakan Bahasa Arab dan Prancis

Meskipun berada di negara Arab, Libanon juga menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya.

Bahasa Arab Lebanon merupakan salah satu bahasa Arab yang unik. Banyak perbendaharaan katanya yang dipinjam dari bahasa-bahasa Timur Tengah dan Eropa. Banyak warga Lebanon yang biasa mencampurkan bahasa Prancis dan Inggris ke dialek Lebanon mereka.

3. Negara dengan 4 Musim

Lebanon merupakan salah satu negara Arab yang memiliki empat musim, yaitu musim panas, gugur, salju dan musim semi. Bahkan, di beberapa wilayah pegunungan terdapat salju dan di musim winter suhu disana bisa mencapai di bawah 0 derajat Celsius.

4. Parisnya Timur Tengah

Selain identik dengan bahasa Arab Prancisnya, kota Beirut seringkali disebut sebagai Parisnya Timur Tengah. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut sebelum terjadinya perpecahan perang saudara disana.

Kota Beirut juga seringkali dibandingkan dengan burung legenda ‘phoenix’ karena telah dibangun kembali setelah dihancurkan sebanyak 7 kali.

5. Situasi Poltik, Ekonomi dan Sosial Budaya Lebanon

Mengutip dari lama Kementrian Luar Negeri, situasi politiok, ekonomi dan sosial budaya Lebanon sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi regional Timur Tengah Pada Umumnya.

Sistem politik yang digunakan di negara tersebut adalag konfesionalisme. Sistem ini membagi kekuatan politik berdasarkan kelompok agama dan sekte sangat rentan menimbulkan perpecahan sosial-politik mengingat setiap kelompok politik berafiliasi pada kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi situasi regional, seperti kelompok Pro-Suriah, pro-Iran ataupun pro-Barat.

 

 

 

Leave a Comment