Medina Azzahra, Bukti Kejayaan Islam di Cordoba, Spanyol

Ilustrasi Ilustrasi (Foto : Medinaazahara.org)

Muslimahdaily - Islam memang pernah berjaya di tanah Eropa. Dalam sejarah peradaban Islam, Spanyol, yang dulu dikenal sebagai Andalusia merupakan wilayah yang dikenal sangat maju dalam segala bidang, terutama ilmu pengetahuannya. Masa itu terjadi setelah panglima besar Islam, Thoriq bin Ziyad, berhasil menaklukan Andalusia di tahun 711 Masehi.

Sisa kejayaan Islam di Spanyol banyak terlihat di wilayah Cordoba atau Spanyol Selatan. Selain Masjid Raja Cordoba, situs arkeologi yang mencatat sejarah kejayaan Islam di Cordoba adalah Medina Azzahra yang dibangun oleh khalifah Abdurrahman III dari Bani Umayyah.

Medina Azzahra atau dikenal sebagai kota yang bersinar ini merupakan sebuah istana dan pusat pemerintahan kerajaan Islam pada tahun 900-an Masehi di Cordoba. Tempat ini juga merupakan sebuah kota pemukiman yang indah yang dibangun di atas kontur lahan bertingkat 3. Di tingkat teratas merupakan pusat pemerintahan, tingkat kedua adalah pemukiman warga, dan yang terbawah adalah taman yang indah.

Medina Azzahra terletak sekitar 13 km dari pusat kota Cordoba. Situs ini ditemukan para arkeolog pertama kalinya pada tahun 1910 silam. Sejak saat itu, dimulailah penggalian dan penelitian reruntuhan Medina Azzahra hingga pada 1923, situs ini dinyatakan sebagai situs bersejarah. Di tahun 2014, Medina Azzahra masuk ke dalam salah satu warisan budaya dunia. Dan hingga kini, Medina Azzahra tidak pernah sepi dari turis dari berbagai belahan dunia.

Meski tak lagi utuh, Medina Azzahra masih menunjukkan kekuatan Islam saat itu. Bangunan yang berdiri kokoh dengan arsitektur yang sangat rapi diakui oleh para peneliti tentang betapa khalifah Abdurrahman saat itu sangat teliti dan sangat kuat. Ada jalur distribusi makanan yang dibuat secara detail termasuk sumber air dan pemukiman warganya. Bahkan kandang kuda dan tempat pemeliharaannya dibuat sangat rapi dan teratur. Kekayaannya pun terlihat dari ukuran emas yang masih bisa tertangkap oleh mata para pengunjung sekarang.

Selain dibangun untuk menandakan kebesaran kerajaan Islam saat itu, Medina Azzahra konon merupakan bangunan yang dibuat Abdurrahman III untuk sang istri yang bernama Zahara. Bangunan ini dibuat untuk menggembirakan sang istri yang kerap rindu dengan kampung halamannya. Sayangnya, Medina Azzahra tak berumur panjang. Tidak sampai 1 abad, pasukan Barbar berhasil merebut dan menghancurkan kota ini.

Leave a Comment