Menelusuri 5 Masjid Tertua dan Bersejarah di Indonesia

Masjid Sunan Ampel Masjid Sunan Ampel ( Foto: via Republika )

Muslimahdaily - Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal ini turut dipengaruhi oleh para pedagang dari Timur Tengah dan India yang sering berkunjung ke daratan Nusantara. 

Tentunya banyak peninggalan sejarah yang ditinggalkan selama masa penyebaran agama Islam. Hingga kini masih tersimpan dengan rapih peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut. Salah satu bukti jejak sejarah Islam di Nusantara bisa dilihat dari beberapa keberadaan masjid yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun lalu.

Melansir dari berbagai sumber, berikut masjid-masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas

( Masjid Saka Tunggal. Foto: Rindu Masjid )

Masjid Saka Tunggal Banyumas didirikan pada tahun 1288. Masjid ini sangat erat kaitanya dengan penyebaran agama Islam di desa Cikakak, Banyumas. Uniknya lagi, Masjid kuno ini hanya ditopang oleh satu penyangga saja. Hingga kini, Masjid tersebut masih dalam keadaan baik dan terjaga. Jika Sahabat Muslimah tertarik, kalian bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Desa Cikakak, kecamatan Wangon, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

2. Masjid Wapauwe

( Masjid Wapauwe. Foto: via Republika )

Tepat pada tahun 1414, masjid ini berdiri kokoh menghiasi Indonesia bagian Timur tepatnya di Maluku. Masjid ini memiliki luas sebesar 10x10 meter. Memang masjid ini memiliki tampilan yang sederhana, terbuat dari pelepah sagu dan atap rumbia. Tapi di samping itu, Masjid Wapauwe ini memiliki nilai sejarah yang besar bagi masyarakat Maluku. Konon di Masjid Wapauwe ini juga terdapat Mushaf Alquran tertua di Indonesia, lho!

3. Masjid Sunan Ampel

( Masjid Sunan Ampel. Foto: via Republika )

Masjid tertua selanjutnya adalah Masjid Sunan Ampel yang berada di Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Raden Achmad Rachmattullah pada tahun 1421. Perpaduan arsitektur Jawa Kuno ditambah sentuhan Arab membuat Masjid ini memiliki keunikan tersendiri.

4. Masjid Agung Demak

( Masjid Agung Demak. Foto: phinemo )

Masjid Agung Demak menjadi bukti kuat sejarah penyebaran Islam di Indonesia. Masjid ini didirikan oleh Raden Patah yang merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Demak. Bahkan, Masjid ini dijadikan tempat berkumpulnya para wali songo saat itu. Selain itu, masjid Demak ini merupakan kiblat arsitektur masjid-masjid yang kini ditemukan.

5. Masjid Agung Sang Ciptarasa

( Masjid Sang Ciptarasa. Foto: Liputan 6 )

Masjid ini dipercaya sebagai Masjid tertua di wilayah Cirebon. Dibangun pada tahu 1478 yang berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon. Sunan Kalijaga dan Raden Sepat berperan besar dalam arsitek indah masjid ini. Masjid Agung Sang Ciptarasa ini bisa kalian temukan tepatnya di Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Nah itulah berbagai bangunan masjid tertua di Indonesia yang bersejarah. Selain menyimpan nilai-nilai sejarah, berbagai masjid tertua di Indonesia tersebut juga menjadi destinasi wisata religi, khususnya bagi para umat muslim di Nusantara.

Leave a Comment