5 Jenderal Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah Islam

sultan mehmed ii sultan mehmed ii (foto:wikipedia.com)

Muslimahdaily - Kejayaan Islam tentu tak lepas dari banyaknya perjuangan dan pengorbanan para pejuang. Mereka di antaranya adalah tokoh-tokoh muslim yang hebat. Tentunya banyak cerita yang ditorehkan selama memperjuangkan agama Islam. Hal tersebut sudah sepantasnya kita apresiasi. Sebab, kini Islam dapat menjadi agama paling berpengaruh di dunia.

Untuk mengenang dan menghargai jasa mereka, berikut 5 jenderal muslim terhebat sepanjang sejarah Islam, melansir dari Islampos, .

1. Khalid bin Walid Khalid Ibn al-Walid

Khalid mendapatkan julukan Saifullah Al-Maslul yang berarti Pedang Allah yang terhunus. Khalid merupakan salah satu panglima perang yang memiliki peran penting di medan perang pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Selain itu, ia juga termasuk sebagai panglima yang tak terkalahkan sepanjang hidupnya.

2. Muhammad Al-Fatih (Mehmed II)

Muhammad Al-Fatih atau dikenal sebagai Mehmed II (bahasa Turki Ottoman: ﺪﻤﺤﻣ ﻰﻧﺎﺛ Meḥmed-i sānī, bahasa Turki: II. Mehmet, juga dikenal sebagai el-Fatih ( ﺢﺗﺎﻔﻟا ), “sang Penakluk”. Ia banyak dikagumi oleh kawan dan lawannya saat itu, sebab kemenangannya dalam menaklukkan konstatinopel. Lebihnya lagi, strategi yang ia gunakan dapat dikatakan melebihi zamannya. Sehingga, tak heran jika keperkasaan Al-Fatih dikenal hingga kini.

3. Salahudin Ayyubi (Saladin) Salahudin Ayyubi

Jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit untuk daerah utara Irak saat itu ialah Salahudin Ayyubi (Saladin) Salahudin Ayyubi. Yang patut di banggakan dari sosok Salahudin Ayyubi adalah kepemimpinannya. Sebab, ia tak hanya dikenal umat Muslim, tetapi juga dikenal oleh umat Kristen akan kepemimpinannya, kekuatan militer yang ia punya hingga sifat kesatrianya. Salah satu contoh kesatriaannya ditunjukkan ketika ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr.

4. Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah Muhajirin dari kaum Quraisy Mekkah yang termasuk paling awal untuk menjadi seorang muslim. Ia ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan lanjut berhijrah ke Madinah. Kontribusinya sebagai muslim sangat dibanggakan karena ia mengikuti setiap perang yang membela Islam.

Bahkan setelah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam wafat, ia dijadikan calon khalifah bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Lalu, setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai seorang khalifah, Abu Ubaidah ditunjuk untuk menjadi seorang panglima perang yang memimpin pasukan Islam dalam melawan kekaisaran Romawi.

5. Sa’ad bin Abi Waqqas

Kepahlawanan Sa`ad bin Abī Waqqās sudah tidak diragukan lagi. Sebab, namanya sudah tertulis dengan tinta emas saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah. Perang tersebut merupakan salah satu perang terbesar umat Islam. Selain itu, ia juga merupakan sahabat penting Rasulullah SAW pada masa itu. Kecintaannya kepada Islam membuatnya menjadi salah seorang yang paling awal masuk Islam.

 

Last modified on Rabu, 16 Desember 2020 11:51

Leave a Comment