Balikli Gol, Tempat yang Dipercaya Sebagai Lokasi Pembakaran Nabi Ibrahim

balikli gol balikli gol (foto:wikipedia.com)

Muslimahdaily - Tempat bersejarah seringkali ditandai dengan hal-hal atau cerita kepercayaan masyarakat mengenai latar belakang atau kronologi terbentuknya tempat tersebut. Sama halnya dengan Danau Balikligol yang letaknya di Sanliurfa, Turki. Tempat ini merupakan sebuah danau yang dianggap suci oleh masyarakat Urfa sebagai tempat kesaksian dari Mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Ibrahim.

Sebagaimana yang Sahabat Muslimah ketahui, Nabi Ibrahim adalah nabi yang diberikan banyak mukjizat, salah satunya tak dapat terbakar oleh api. Peristiwa ini dimulai ketika Raja Namrud melempar Nabi Ibrahim ke dalam gejolak api setelah Ia berani menghancurkan berhala-berhala yang disembah oleh Raja Namrud dan kaumnya.

Konon, menurut cerita masyarakat Turki, Balikli Gol adalah tempat yang dipercaya sebagai lokasi pembakaran tersebut. Hal ini didasari dengan pengaruh politeisme yang dibawa oleh Raja Namrud di Sanliurfa yang kala itu masih bernama Urfa. Pengaruh Monoteisme yang dibawa oleh Nabi Ibrahim menjadi ancaman bagi Raja Namrud yang tidak terima ada ajaran lain yang meng-Esakan Tuhan.

Eksekusi yang digarap oleh Raja Namrud itu digambarkan dengan ajudan-ajudan Raja Namrud yang mengikat Nabi Ibrahim ke dua buah tiang tinggi istananya lalu melemparkannya ke dalam cekungan yang penuh dengan kobaran api. Tak disangka eksekusi itu gagal karena Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dengan mengubah kobaran api itu menjadi air sehingga cekungan air itu sekarang dipercaya sebagai Danau yang disebut Balikli Gol, masyarakat Urfa (Masyarakat Turki yang berdiam di Provinsi Sanliurfa) juga menamainya Kolam Ibrahim (The Pool of Abraham).

Di lain cerita, kepercayaan ini tidak hanya dianggap oleh masyarakat muslim di Turki. Banyaknya bangunan-bangunan yang mengelilingi tempat ini dihias dengan aksen peninggalan kekuasaan nasrani di Sanliurfa. Masjid yang berada di pojok bagian tenggara danau ini dulunya adalah gabungan dari sebuah gereja yang diberi nama Gereja Bunda Maria dan saat ini dialihfungsikan menjadi 3 bagian masjid yang diberi nama Masjid Rizvaniye, Masjid Rahman, dan Masjid Doseme. Hal ini pun membuat masyarakat nasrani percaya akan tempat ini sebagai lokasi dibakarnya Abraham (Nabi Ibrahim) oleh Raja Namrud.

Melihat isi di dalamnya, Sahabat Muslimah pasti akan dibuat terkagum-kagum. Air yang berada di kolam itu dinilai suci begitupula ikan-ikan besar yang ada di dalamnya, tidak seorangpun yang boleh mengambil dan memakan ikan-ikan di kolam tersebut. Lain dari itu, keindahan desain arsitektur yang memanjakan mata dan hijaunya pemandangan di dalamnya membuat turis tertarik untuk mengunjungi tempat ini selain dari sisi legendanya.

Cerita lain yang dianggap sebagai alasan terbentuknya tempat ini adalah adanya kolam dengan pancuran air yang disebut sebagai Kolam Ayn Zeliha. Dalam ceritanya, Zeliha, putri dari Raja Namrud pernah jatuh cinta dengan Nabi Ibrahim. Saat ayahnya dengan kejam melempar Nabi Ibrahim, Zeliha lompat ke dalam cekungan yang juga berisikan api yang berkobar dan Allah juga merubah api beserta kayu-kayunya tersebut menjadi air. Hal itu membuat kolam ini dinamai Danau atau Kolam Ayn Zeliha “Eye of Zeliha.”

Tidak jauh dari lokasi kedua danau di atas, terdapat sebuah istana dengan dua tiang tinggi yang menjulang di bagian atas, hal ini semakin memperkuat kepercayaan masyarakat Turki dengan adanya kemiripan yang terjadi, dan kini Balikligol pun dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai negara.

Leave a Comment