Bermakna, Inilah 10 Peristiwa Sejarah di Bulan Suci Ramadhan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan ditetapkannya ibadah berpuasa selama sebulan penuh. Namun, ternyata banyak sekali peristiwa yang juga terjadi di bulan penuh ampunan, kemuliaan dan keberkahan ini yang tentunya menjadi momentum bersejarah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Peristiwa bersejarah dan bermakna ini di antaranya adalah turunnya Al-Quran, perang Badar, hingga wafatnya istri Rasulullah ummul mukminin, Khadijah.

Untuk lebih lengkapnya, inilah 10 peristiwa bersejarah di bulan suci Ramadhan yang telah Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber.

1. Nuzulul Qur’an (Turunnya kitab suci umat Islam, Al-Qur’an)

Pada 17 Ramadhan sebelum hijriyah atau 610 Masehi, Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di Gua Hira. Saat tengah berkhalwat dengan khusyu’, turunlah wahyu pertama yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan Allah subhanahu wa ta'ala melalui malaikat Jibril kepadanya sehingga akhirnya, diperingati sebagai hari Nuzulul Quran.

2. LailatulQadar

Malam yang lebih baik daripada seribu bulan terjadi usai Rasulullah menyendiri dan mendapat wahyu pertama di Gua Hira pada Ramadhan (610 Masehi). Lailatulqadar dikisahkan berlangsung pada salah satu malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadhan dan hingga kini menjadi malam yang paling dinantikan umat Muslim karena adanya kesempatan untuk mendapatkan pahala yang besar atau lebih banyak dari seumur hidup.

3. Perang Badar

Perang Badar merupakan perang yang pertama kali dilakukan oleh kaum Muslim melawan bangsa Quraisy di sebuah tempat yang bernama ‘Badar’. Perang ini terjadi pada Jum'at, 17 Ramadhan tahun 2 hijriyah atau 624 Masehi dan di akhiri dengan kemenangan kaum Muslim dan menandai masa awal kejayaan Kaum Muslim sehingga perang ini juga dijuluki sebagai Ghazwah Badr al-Kubra.

4. Wafatnya Khadijah

Istri pertama Nabi Muhammad yang juga ummul Mukminin, Khadijah binti Khuwailid meninggal pada 10 Ramadhan (619 Masehi).

5. Wafatnya Ruqayyah

Ruqayyah adalah putri dari Rasulullah dan istrinya Khadijah, ia meninggal pada usia 22 tahun dan bertepatan saat terjadinya perang Badar pada tahun 2 hijriyah (624 Masehi). Ia juga merupakan istri dari sahabat Rasulullah, Utsman bin Affan.

6. Fathu Makkah (Penaklukan kota Mekkah)

Selain perang badar, sejarah kemenangan kaum Muslim dalam menaklukan kota Mekkah juga terjadi pada bulan Ramadhan, tepatnya 10 Ramadhan tahun 8 Hijiriyah (630 Masehi). Sebelumnya, perseteruan disebabkan oleh perlakuan orang Quraisy yang merusak satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah, namun pada akhirnya Nabi Muhammad bersama 10.000 kaum Muslim berhasil menaklukan kota Mekkah secara damai.

7. Penghancuran Berhala

Peristiwa penghancuran berhala terjadi setelah Rasulullah dan kaum Muslim menaklukan kota Mekkah (8 Hijriyah), dahulu Rasulullah memberi amanah kepada Khalid bin Walid, Amr bin Ash dan Sa’ad bin Zaid untuk menghancurkan berhala yang ada di sekitar Ka’bah.

8. Wafatnya Fatimah Az-zahra

Fatimah Az-zahra merupakan putri Rasulullah yang juga istri dari sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib. Ia meninggal pada 3 Ramadhan tahun 11 Hijriyah (632 Masehi), dalam usia 28 tahun.

9. Wafatnya Ali bin Abi Thalib

Khalifah pertama dari Bani Hasyim yang juga merupakan menantu dari Nabi Muhammad, meninggal dalam usia 63 tahun pada 21 Ramadhan, tahun 40 Hijriyah (661 Masehi).

10. Wafatnya Aisyah

Ummul Mukminin, Aisyah, istri dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang juga putri dari sahabat Nabi, Abu Bakar Ash-Shidiq meninggal pada 17 Ramadhan tahun 58 Hijriyah (678 Masehi).

Masyaa Allah, itulah 10 peristiwa bersejarah dan bermakna di bulan suci Ramadhan, Sahabat Muslimah.