Maldives Negara Kepulauan yang Penduduknya 100 Persen Muslim

Muslimahdaily - Islam merupakan salah satu agama yang memiliki penganut terbesar di dunia. Penyebaran orang yang beragama Islam memang tidak merata di seluruh penjuru dunia, tapi terpusat di beberapa negara. Kemudian menjadi negara dengan populasi terbesar di dunia.

Dilansir dari worldpopulationreview.org, Maldives merupakan negara yang memiliki persentase dengan penduduk muslim terbesar di dunia, yaitu 100 persen. Jadi, seluruh penduduk Maldives adalah beragama Islam. Hal tersebut merupakan fakta yang menarik.

Namun, ternyata hal itu tidak 100 persen tepat. Dilansir dari opendoorsusa.org, Maldives menjadi negara yang memiliki penduduk 100 persen beragama Islam karena adanya regulasi dan undang-undang di negara tersebut yang melarang seseorang beragama non-Islam menjadi warga negaranya.

Dikutip dari cbsnews.com, faktanya tidak semua orang yang tinggal di Maldives adalah muslim. Ada beberapa orang yang memeluk agama selain Islam, tetapi secara legal formal mereka tidak diakui sebagai penduduk Maldives.

Berdasar dari penduduknya yang 100 persen adalah muslim, Maldives juga menerapkan hukum-hukum syariat Islam. Dilansir dari kemlu.go.id, peradilan negara ini menggunakan prinsip-prinsip dan sendi hukum Islam. Di mana hakim memiliki kewajiban untuk memutus perkara berdasar hukum syariat apabila perkara yang diurus tidak diatur oleh konstitusi dan Undang-Undang.

Negara ini mengunakan kombinasi antara sistem pemerintahan modern dan hukum Islam sebagai konstitusinya. Konstitusi Maldives pada 2008 mengizinkan warga negaranya untuk berpendapat dengan bebas. Namun, kebebasan tersebut dibatasi hukum-hukum dan syariat Islam.

Dapat dikatakan, penduduk Maldives diizinkan untuk bebas berpendapat selama tidak melanggar kaidah syariat Islam.

Terlepas dari itu semua, Maldives adalah negara kepulauan di barat daya yang memiliki pemandangan alam yang indah. Terutama laut biru dan pantai berpasir putihnya.

Terdapat 1.190 pulau dan hanya sekitar 200 yang berpenghuni. Fakta mencatat Maldives merupakan negara terendah dan paling datar di dunia, yaitu dengan ketinggian maksimum 2,4 meter di atas permukaan di atas laut.

Leave a Comment