Mengenal Aroma Parfum Kegemaran Nabi Muhammad

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Umat manusia entah itu pria atau wanita, dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan diri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memakai wangi-wangian seperti apa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

Lelaki muslim, dianjurkan untuk menggunakan wangi-wangian yang harum nya semerbak serta tidak tampak warnanya. Sedangkan kebalikannya, perempuan dianjurkan untuk menggunakan wangi-wangian yang tidak terlalu menyengat, terutama Ketika perempuan tersebut hendak pergi keluar rumah.

Nabi Muhammad dikenal menyukai wangi-wangian, dan juga gemar menjaga kebersihan. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam menggunakan wewangian setiap pergi untuk melakukan sholat. Terutama Ketika pergi untuk melaksanakan sholat jumat. Beliau pun menganjurkan sahabat-sahabatnya untuk melakukan hal yang sama. Seorang sahabat Rasullulah pun mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menandingi aroma wangi Nabi Muhmmad, bahkan parfum pun tidak bisa.

"Belum pernah aku mencium bau minyak wangi, parfum atau apa pun yang seharum aroma Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam." (HR Muslim)

Dalam hal ini berarti aroma rasullulah bukan semata mata karena wewangian atau kebersihan yang ia jaga saja, namun juga kebersihan lahiriyah juga. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam selalu ingin tampil bersih dan wangi. Lantas tahukah apa wewangian yang paling digemari Rasullulah?

Terdapat suatu cerita dimana dikisahkan bahwa Aisyah memang selalu menyemprotkan parfum favoritnya ke pakaian Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam setiap ingin pergi keluar untuk sholat ataupun bertemu dengan sahabat. Diriwayatkan bahwa Muhammad ibn 'Ali berkata, "Saya bertanya pada 'Aisyah: Apakah Rasulullah memakai parfum?' Dia berkata, Ya, parfum yang digunakan pria: musk dan amber.'"

Lalu, dalam hadis lainnya, Anas meriwayatkan, "Saya tidak pernah mencium amber atau musk seharum aroma tubuh Rasulullah dan saya tidak pernah menyentuh brokat atau sutra dan menemukannya selembut tubuh Rasulullah." (HR Muslim)

Sehingga dapat dikatakan bahwa wewangian yang paling disukai oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam yaitu wewangian seperti musk dan amber. Wangi musk dan amber sendiri merupakan wangi oriental yang dapat didefinisikan seperti aroma yang spicy, manis, mirip dengan aroma kayu-kayuan. Kedua aroma ini pun banyak digemari orang baik pria maupun wanita karena terkesan seperti wewangian yang elegan.