Ini 5 Warisan Fenomenal Kekuasaan Islam di India

 

Muslimahdaily - India pernah mengalami kejayaan di bawah kesultanan muslim, Dinasti Mughal. Meski hanya berlangsung dua abad, namun Mughal telah menorehkan begitu banyak kebudayaan di tengah masyarakat India yang lekat dengan agama Hindu.

Shah Jahan merupakan nama sultan Mughal yang paling masyhur. Di masanya lah India mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang, termasuk di ranah arsitektur. Beberapa bangunan bersejarah nan fenomenal dibangun di masa sang sultan. Berikut lima bangunan di antara karya arsitektur terkenal Mughal yang masih berdiri megah hingga kini.

1.Taj Mahal

Siapa tak kenal ikon India ini. Taj Mahal bahkan menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Di bangunan megah serba putih ini merupakan makam di mana Shah Jahan bersemayam dengan damai di samping makam.permaisuri tercintanya, Mumtaz Mahal.

Taj Mahal memang lah dibangun untuk mengenang Mumtaz Mahal. Shah Jahan yang begitu mencintai sang permaisuri itu begitu berduka ketika istrinya wafat. Maka dibuatlah sebuah monumen untuk mengingat nama Mumtaz Mahal. Monumen yang dibangun oleh 20 ribu pekerja itu kemudian dinamakan Mumtaz Mahal atau Taj Mahal yang bermakna mutiara istana.

2.Masjid Jama

(Foto : fullstopindia.com)

Inilah masjid terbesar yang ada di India. Luasnya mencapai 270 kali 80 meter. Sebanyak 25 ribu jama'ah pun dapat ditampung masjid yang berlokasi di Chandi Chowk Kota Old Dehli ini.

Untuk membangun masjid yang memiliki tiga kubah berlapis emas ini dibutuhkan waktu 13 tahun. Shah Jahan bahkan mengerahkan 5 ribu pekerja khusus untuk membangun masjid cantik berparaskan marmer putih tersebut.

3.Masjid Chauburji

(Foto : Destinationpak.com)

Masih di kawasan Old Dehli, masjid lain juga berdiri megah sebagai bukti kegemilangan kesultanan Mughal. Jika Masjid Jama adalah tempat ibadah terbesar, Masjid Chauburji adalah pusat dakwah terbesar. Banyak agenda komunitas muslim diadakan di masjid tua tersebut. Namun meski penampakannya tua, Masjid Chauburji ini menjadi destinasi pariwisata favorit di India setelah Red Fort.

4.Red Fort

(Foto : Redfortdelhi.co.in)

Inilah destinasi wisata favorit di India, merupakan sebuah istana tempat kediaman para sultan Mughal. Di sinilah pusat pemerintahan Kesultanan Mughal berada, di mana segala intrik politik terjadi. Saat ini Red Fort menjadi museum yang banyak dikunjungi para wisatawan serta diberikan status sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi.

Nama Red Fort mengacu pada dindingnya yang terbuat dari batu merah. Di dalamnya terdapat beberapa paviliun yang satu sama lain terhubung dengan sebuah aliran air bernama arus surgawi atau Stream of Paradise atau Nahr-i-Behisht. Shah Jahan mencanangkan pembangunan istana ini dengan gaya arsitektur Islam. Namun pada eksekusinya, bangunan ini lebih banyak menganut gaya arsitektur khas Mughal yang menggabungkan gaya Timurid dan Persia.

5.Taman Shalimar

(Foto : defence.pk)

 

Shalimar Gardens atau Shalamar Gardens merupakan kompleks taman warisan Mughal yang sangat indah dengan gaya arsitektur yang menawan. Terletak di Lahore yang kini menjadi wilayah Pakistan, kompleks taman ini bahkan termasuk warisan dunia yang sangat dilestarikan.
Pembuatan taman ini ditujukan Shah Jahan sebagai hadiah untuk keluarga Arain Mian Baghbanpura. Keluarga tersebut sangat dekat dengan kesultanan karena loyalitas mereka. Pemberian taman ini pun sebagai balas hadiah yang diberikan Kepala Arain Mian Family, Mian Muhammad Yusuf yang telah memberikan Situs Ishaq Pura yang subur kepada kesultanan Mughal.

Last modified on Sabtu, 27 Agustus 2016 22:31

Leave a Comment