Menilik Masjid-Masjid Indah Rancangan Ridwan Kamil

Masjid Al - Irsyad, Bandung Masjid Al - Irsyad, Bandung ( Foto : Archdaily.com )

Muslimahdaily – Selain dikenal sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga dikenal lewat berbagai karya arsitekturnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak pelak banyak daerah yang meminta idenya untuk membuat bangunan-bangunan ikon di setiap provinsi mereka. Tidak hanya bangunan konvensional macam mall, gedung perkantoran atau museum, Ridwan Kamil juga kerap merancang bangunan masjid. 

Masjid-masjid rancangan Kang Emil, sapaan akrabnya, terlihat berbeda dengan beberapa masjid pada umumnya. Mayoritas, rancangan masjidnya jarang yang memiliki kubah. Lalu, masjid apa sajakah hasil karya Emil? Berikut beberapa daftar masjid rancangannya :

1.Masjid Al-Irsyad

(Foto Masjid Al - Irsyad, Sumber : Archdaily.com)

Jika dilihat tampak depan, masjid ini terlihat seperti sebuah perkantoran. Sebab, tidak ada kubah yang biasa menghiasi sebuah masjid. Bentuknya seperti sebuah kubus yang dihiasi oleh ornament-ornamen hitam di tiap dinding masjid. Masjid yang terletak di Padalarang, Bandung, Jawa Barat ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah. 

Masjid ini dirancang seperti bentuk Ka’bah. Dengan dominasi warna abu-abu, masjid Al-Irsyad dibuat dari batu bata yang disusun dengan membentuk lubang atau celah di antara bata solid. 

Selain itu, masjid ini memiliki konsep green building. Di dalamnya bagian depan atau kiblat masjid tidak memiliki dinding dan dibiarkan terbuka. Sehingga, cahaya matahari dapat masuk dan menghangatkan ruangan masjid. Di bagian dalam masjid juga jarang terdapat tiang di tengah untuk menopang, sehingga memiliki kesan yang luas. 

2.Masjid Asmaul Husna Gading Serpong

(Foto Masjid Asmaul Husna, Sumber : Archdaily.com)

Lagi-lagi masjid yang berlokasi di Tangerang, Banten ini berbentuk kotak. Tidak ada kubah yang menghiasi masjid bagian atas. Namun, bagian unik dari masjid ini adalah sekeliling dindingnya. Terdapat 99 nama Allah yang mengelilingi dinding masjid Asmaul Husna. Bagian dinding masjid tampak elegan dengan dominasi warna hijau tua dan coklat muda. 

Desain kontemporer masjid ini memiliki dua lantai. Ruang utama berbentuk oval dan dapat menampung sekitar 700 jamaah. Beberapa anak tangga masjid juga dilapisi granit yang membuat kesan tampak mengkilat. Di bagian atap langit-langit masjid, tampak sebuah bintang menghiasi dekorasi masjid. Menambah kesan mewah pada bangunan tersebut.

3.Masjid Al-Azhar Summarecon Bekasi

(Foto Masjid Al - Azhar, Sumber : plongsite.wordpress.com)

Jika berjalan-jalan di sekitar perumahan Summarecon, Bekasi, maka bertandanglah ke masjid satu ini. Di tengah-tengah kehidupan urban, masjid Al-Azhar ini membawa angin segar. Pasalnya, desain masjid ini dirancang dengan konsep terbuka. Terdapat sebuah kolam air dan beberapa tanaman yang menghadap mihrab. Sehingga, menambah kesan adem dan syahdu kala beribadah di masjid ini. 

Meski berbentuk kotak layaknya Ka’bah, masjid ini dapat dikenali melalui sebuah menara tinggi di sisi kanan masjid. Di bagian dalam juga tidak terdapat tiang-tiang penyangga. Tujuannya, untuk mengatasi saf salat yang kerap terputus karena terhalang tiang.  

Masjid yang mampu menampung 1.500 jamaah ini memiliki banyak ventilasi udara, sehingga menyejukkan warga kota saat beribadah. Warna-warna coklat juga menghiasi dinding masjid. Memberikan kesan bangunan ini seperti ada percampuran bangunan Timur Tengah. 

4.Masjid Baiturrahman

(Foto Masjid Baiturrahman, Sumber : Kompas.com)

Masjid yang berlokasi di dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Jawa Tengah ini dibangun pada 2011 lalu. Kang Emil membangun dengan memanfaatkan abu vulkanik gunung merapi dan mengkonversikannya menjadi batako. Bagian dinding masjid disusun menggunakan batako tersebut yang membentuk kaligrafi lafadz Allah. Selain itu, interior masjid menggabungkan konsep modern dan tradisional. 

Last modified on Senin, 13 Maret 2017 06:26

Leave a Comment