Doa Agar Terhindar dari Iri Hati dan Dengki

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdialy - Iri dan dengki merupakan sifat yang sangat tidak disukai oleh Allah. Sifat tersebut juga tentunya tidak disukai oleh manusia, karena akan menimbulkan banyak kerugian dan menebar kebencian. Meski begitu masih banyak dari kita yang merasa iri dan dengki dengan kebahagiaan dan kesuksesan dan pencapaian orang lain. 

“Janganlah kalian saling hasad (iri), janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling membelakangi (saling mendiamkan/ menghajr). Jadilah kalian bersaudara, wahai hamba Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Terkadang manusia lupa bahwa Allah memberikan rezeki sesuai dengan kebutuhan hambaNya. Semua yang terlihat baik di mata kita belum tentu baik di mata Allah. Hanya saja mungkin kita kurang bersyukur dan terlalu melihat keindahan duniawi diatas kita, padahal kita diperintahkan untuk selalu melihat kebawah jika urusan dunia.

Sifat iri dan dengki jika terus disimpan dalam hati akan menjadi penyakit yang merugikan bagi kita. Tidak pernah merasa puas, selalu ingin lebih pada akhirnya hidup menjadi tidak tenang dan bahagia.

Agar kita dapat terhindar dari sifat tersebut, berikut do’a yang bisa kamu amalkan sehari-hari:

 

رَبَّنَااغْفِرْ لَنَا&وَلِإِخْوَانِنَاالَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِوَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

 

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". (Qs. Al-Hasyr:10)

Selain berdoa kepada Allah, kita juga harus mempertebal iman dan rasa yakin pada takdir Allah, tentu saja dengan terus menambah ilmu. Selain itu kita juga harus mengingat akibat iri dan dengki yang berdampak di dunia maupun di akhirat, terakhir usahakan untuk selalu bersyukur dengan apapun yang kita milki, sedikit ataupun banyak.g

Last modified on Jumat, 17 April 2020 03:18

Leave a Comment