Korban Semakin Bertambah, Berikut Doa Agar Terhindari dari Virus Corona

By January 29, 2020 0
Petugas Kesehatan di Bandara Internasional Kuala Lumpur Petugas Kesehatan di Bandara Internasional Kuala Lumpur ( Foto: AP )

Muslimahdaily Virus corona merupakan virus baru yang berasal dari China. Virus yang berasal dari hewan ini menyerang pernapasan hingga dapat menyebabkan kematian.

Hingga saat ini, sedikitnya 13 negara mengonfirmasi adanya temuan kasus virus corona. Setidaknya 131 orang telah meninggal dan 5.300 dikonfirmasi terinfeksi virus corona.

Gejala yang ditumbulkan dari virus corona ini biasanya demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Sampai saat ini, belum ditemukan vaksin dari virus ini.

Berkaca dari zaman nabiyullah. Ternyata Rasulullah pernah mengajarkan sebuah doa agar terhindar dari penyakit menular. Diriwayatkan Abu Daud dari Anas bin Malik, berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَسَيِّئِ الأَسْقَامِ

Allahumma inni Audzubika minal barasi wal jununi, wal judzami wa sayi’il asqam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari penyakit belang, gila dan kusta, serta penyakit lain yang mengerikan.”

Selain berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah. Tentunya kita juga harus berusaha. Rasulullah juga menganjurkan beberapa hal ketika terjadi wabah atau penyakit menular. Nabiyullah Shallalahu’alaihi wa sallam melarang umatnya untuk memasuki daerah yang terkena wabah dan tidak meninggalkan suatu tempat ketika wabah tersebut terjadi di tempat kita berada.

Rasulullah bersabda, "Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kelian meninggalkan tempat itu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai langkah preventif atau pecegahan agar tidak tertular virus corona. Berdasarkan imbauan pemerintah, usaha pencegahan tertular virus corona di antaranya, rutin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker apabila batuk dan pilek, mengonsumsi gizi seimbang, menghindari mengonsumsi daging yang tidak dimasak, rajin olaharga, istirahat yang cukup dan mengunjungi fasilitas kesehatan bila megalami batuk, pilek serta sesak napas.

Last modified on Wednesday, 29 January 2020 11:40

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama