Do'a Meminta Ketenangan di Tengah Wabah Penyakit

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Berbagai cara dilakukan untuk menjaga diri dari penyebaran virus COVID-19. Mulai dari melakukan social distancing, minum vitamin, berolahraga dan usaha lainnya.

Setelah berbagai macam usaha dilakukan, sebagai seorang muslim kini saatnya kita berserah diri kepada Allah, menerima segala ketetapan yang terjadi saat ini.

Selain itu, ada baiknya waktu yang kita habiskan di dalam rumah digunakan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, meminta kebaikan atas segala kejadian dan tentunya meminta ketenangan dan kelapangan hati.

Pada dasarnya ketika hati kita tenang, maka sebanyak apapun ujian yang datang maka hati dan pikiran akan terasa ringan sehingga bisa menjalani hidup dengan nyaman.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita selalu meminta ketenangan hati pada Sang Pemilik hati dengan membacakan do’a yang dicontohkan Rasulullah:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari)

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي

Allahumma inni 'abduka ibnu 'abdika ibnu amatika naashiyatii biyadika, maadli fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qhodlouka, asaluka bikullismi huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au 'allamtahu ahadam min khoqhika, au anzaltahu fii kitaabika, awis taktsarta bihi fii 'ilmil ghoibi ;indakam an taj'alal quraana rabii'a qolbii, wa nuura shodrii, wajalaa huznii, wa dzahaab hammii

“Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan Alquran sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku." (HR. Ahmad).

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan beberapa dzikir yang dapat menentramkan jiwa saat berada di rumah, seperti dibawah ini :

Dzikir Ya Allah, Penentram Pikiran dan Jiwa

Dzikir Hasbi Rabbi Jalallah

Ayat-ayat Ruqyah Penenang Hati dan Pengusir Jin

Wallahu a’lam, semoga bermanfaat.

 

Last modified on Sabtu, 21 Maret 2020 17:27

Leave a Comment