5 Doa yang Wajib Dibaca Saat Wabah Corona Melanda

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Ditengah wabah virus corona yang saat ini telah tersebar ke seluruh dunia, banyak orang yang pada akhirnya ketakutan, dipenuhi rasa cemas bahkan stres karena tak bisa kemana-mana.

Namun, sebagai seorang muslim hendaknya waktu ini kita jadikan sebagai bahan evaluasi sebanyak-banyaknya, meminta ampun atas segala dosa, perbanyak ibadah serta berdoa agar semua musibah ini segera berakhir dan dunia kembali normal lagi.

Karena pada hakikatnya doa adalah kekuatan seorang muslim, doa bisa mengubah semuanya. Allah juga akan mengabulkan doa setiap hambanya seperti tertulis dalam firmannya di QS. Gafir ayat 60.

Oleh karena itu, sudah saatnya kini kita mengangkat tangan dan memohon kepada Sang Maha Pencipta untuk keputusan terbaikNya.

Berikut beberapa doa yang bisa kamu baca di tengah situasi dan kondisi saat ini:

Doa agar terhindar dari bahaya

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

(Dibaca 3 x pagi dan petang)

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Doa meminta kesehatan fisik

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta.

(Dibaca 3 x pagi dan petang)

“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.” (HR. Abu Dawud)

Doa agar terhindar dari rasa takut dan cemas

للَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.” (HR. Bukhari)

Doa memohon penjagaan saat hendak keluar rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ala Allah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasa’i)

Doa untuk orang yang sedang sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa

“Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, semoga Engkau berkenan menghilangkan kesusahan dan menganugrahkahkan kesembuhan pada ia yang sedang dicoba sakit, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Berdoalah dengan sungguh-sungguh, semoga Allah mengabulkan segala doa dan harapan kita, aamiin.

 

Leave a Comment