Bulan Penuh Berkah, Berikut Doa Menyambut Ramadhan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak terasa bulan Ramadhan segera tiba. Bulan yang di dalamnya setiap kebaikan dilipatgandakan. Pada bulan ini pula, Allah Subhanhu wa ta'ala menurunkan malam laitatul qadar, yakni malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Sungguh, siapa yang tak ingin berjumpa dengan bulan Ramadhan? Bertemu kembali dengan bulan Ramadhan adalah cita-cita tiap muslim yang taat.

Dulu para sahabat dan ulama menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita. Mereka senantiasa mengungkapkan kegembiraan tersebut dengan kalimat-kalimat indah. Tak jarang pula dibarengi dengan doa, berharap agar diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan penuh berkah tersebut.

Melansir dari laman Konsultasi Syariah, Ibnu Rajab Rahimahullah menyebutkan satu riwayat yang menggambarkan semangat mereka dalam menyambut Ramadhan. Riwayat tersebut berisi perkataan Tabi’in Mu’alla bin Al Fadhl Rahimahullah sebagai berikut.

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum Ramadhan datang, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.”

Dalam riwayat tersebut, Ibnu Hajar menyertakan sebuah doa. Dari Tabi’in Yahya bin Abi Katsir Rahimahullah, beliau mengatakan di antara doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimnii aila romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minii mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Selain doa di atas, ada juga doa yang dapat dipanjatkan sejak bulan Rajab dengan harapan yang sama yakni dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan." (HR. Ahmad).

Demikianlah doa untuk menyambut bulan Ramadhan. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Aamiin.

Last modified on Selasa, 07 April 2020 20:54

Leave a Comment