Sering Terlupa, Ini Doa Meminta Ampunan Atas Segala Dosa

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, baik yang disengaja maupun tidak, kecil ataupun besar. Kita juga sebagai manusia menyadari bahwa tidak akan pernah bisa sempurna, karena kita bukanlah malaikat yang diciptakan sebagai makhluk yang sepenuhnya taat.

Untuk menebusnya, tentu kita harus meminta ampunan pada Sang Maha Pengasih dan Penyayang dengan istighfar sebanyak-banyaknya. Namun, kali ini ada doa yang bisa dibacakan untuk memohon ampunan pada Allah yang sudah mencakup segala hal dan segala dosa.

Doa ini adalah yang diajarkan oleh Nabi Shalallahu alaihi wa sallam,

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu." (HR. Bukhari 6398 dan Muslim 2719).

Memohon ampunan atas dosa yang dilakukan secara sadar maupun tidak, yang nampak maupun tidak nampak atau bahkan yang Allah lebih mengetahuinya.

Karena sebagai manusia kadang tak sadar pernah berbuat dosa, menyakiti hati orang lain dengan perkataan dan masih banyak dosa lainnya. Oleh karena itu, dalam doa ini kita benar-benar meminta ampun atas keseluruhan dosa.

Ada baiknya ketika membacakan doa ini, kita menghayatinya dengan sepenuh hati. Benar-benar merenungkan maksud doa yang dibacakan dan menaruh harapan yang sangat besar pada Allah agar diampuni dosanya. Karena semua itu akan berpengaruh pada jiwa kita, menimbulkan kekhusyuan dan rasa tunduk dan hina di hadapan Allah.

Semoga dengan mengamalkan doa ini, Allah bisa mengampuni dosa-dosa kita keseluruhan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Aamiin.

Sumber: Rumaysho

 

 

Last modified on Selasa, 07 April 2020 20:54

Leave a Comment