Doa dan Niat Puasa di Bulan Syawal

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Setelah bulan Ramadhan, tiba saatnya kita untuk menyambut bulan Syawal. Merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriah yang di dalamnya penuh dengan kemuliaan dan banyak amalan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah puasa sunnah Syawal.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim).

Puasa sunnah di bulan Syawal dilakukan selama enam hari. Boleh dilakukan secara berurutan ataupun tidak beurutan. Idealnya dilakukan pada tanggal 2-7 syawal. Tetapi, diluar tanggal tersebut, seseorang masih mendapatkan keutamaan puasa Syawal.

Menurut kitab-kitab turats yaitu Nihayatuz Zain karya Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa seseorang yang mengqhada puasa atau melakukan nadzar puasa di bulan Syawal tetap mendapatkan keutamaan puasa Syawal. Bahkan seseorang yang berhalangan, juga bisa mengqhada puasa sunnah syawal di bulan lainnya. Begitu besar keutamaan puasa ini.

Sebagian ulama berpendapat bahwa seseorang tidak wajib ta'yin dalam puasa sunnah Syawal. Namun, sebagian lainnya berpendapat bahwa seseorang harus mengingat 'puasa sunnah Syawal' saat niat puasa sunnah Syawal.

Apabila niat puasa wajib dilakukan malam hari. Sedangkan, niat puasa Syawal boleh dilakukan pagi hari selama ia belum melakukan hal yang membatalkan puasa. Sehingga terdapat dua bacaan niat puasa Syawal yang bisa dibaca di malam dan siang hari.

Niat puasa syawal yang dibaca malam hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatis Syawwali lillahi ta'ala

"Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah"

Apabila seseorang mendadak berniat puasa sunnah syawal di pagi atau siang hari. Niat puasa syawal yang dibaca siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an ada'i sunnatis Syawwali lillahi ta'ala

"Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah"

Semoga niat puasa Syawal diatas dapat membantu, selamat berpuasa bagi yang menjalankan.

Leave a Comment