Sering Malas Beribadah? Coba Baca Doa Ini Setelah Shalat

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai manusia, seringkali kita lalai dalam melaksanakan ibadah. Melewatkan waktu sholat, tidak berpuasa, jarang bersedekah, dan melupakan ibadah lainnya. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena rasa malas dan tidak semangat yang sering dialami. Dilansir dari Nu Online, Syekh Syarqawi menjelaskan bahwa lemahnya kemauan dan kemalasan yang dimiliki manusia membuatnya cukup berat untuk beribadah secara sukarela.

"Allah memaklumi rendahnya semangat hamba-Nya untuk berinteraksi dengan-Nya, maksudnya untuk menghadap-Nya melalui ibadah dan menunaikan hak ketuhanan lainnya secara sukarela karena adanya kelemahan semangat dan ada kemalasan di dalam diri mereka," (Lihat Syekh Syarqawi, Syarhul Hikam, (Indonesia, Al-Haramain: 2012 M), jus II, halaman 31).

Padahal Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam Surat Az-Zariyat ayat 56 telah bersabda bahwa manusia dan jin diciptakan untuk beribadah hanya kepada Allah. "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku."

Untuk meningkatkan semangat kita dalam beribadah ada baiknya untuk membaca doa berikut. Berikut bacaan doa untuk melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan dalam berbuat baik. Doa ini bisa dibaca setiap selesai mengerjakan sholat lima waktu. Selain itu, juga bisa dibaca oleh orang tua untuk anaknya maupun sebaliknya.

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

"Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Wallahu a'lam. Semoga bermanfaat.

SUmber doa:NU Online

Leave a Comment