Jangan Lupa, Baca Doa Ini Saat Hendak Mengambil Buku

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Membaca buku atau kitab merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan di waktu senggang. Selain itu, dengan membaca kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan informasi baru. Tentunya dibutuhkan pemahaman dan konsentrasi agar infomasi tersebut dapat dipahami.

Saat membaca, tak jarang beberapa orang akan merasa sulit untuk paham atau bahkan mudah melupakan informasi yang baru saja didapat. Hal itu terjadi mungkin karena ia lupa untuk berdoa sebelum mebaca atau bahkan saat hendak mengambil buku yang akan ia baca.

Mengutip dari Bincang Syariah, dalam kitab Ta'lim Al-Muta'allim bahkan seseorang dianjurkan untuk membaca doa berikut ketika hendak mengambil buku atau kitab agar cepat paham dan tidak mudah lupa terhadap apa yang dibaca. Berikut doanya:

بِسْمِ اللهِ سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهِ وَﭐللهُ أَكْبَرْ وَلاَ حَوْلاَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ عَدَدَ كُلِّ حَرْفٍ كُتِبَ أَوْ يُكْتَبُ أَبَدَ الأَبِدِيْنَ وَدَهْرَ الدَّاهِرِيْنَ يَا رَبَّ العالَمِيْنَ

Bismillaahi, subhaanallaahi walhamdu lillaahi wallaahu akbaru wa laa hawla wa laa quwaata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi ‘adada kulli harfin kutiba aw yuktabu abadal aabidiin wa dahrod daahiriina yaa robbal ‘aalamiin.

"Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar. Tiadalah daya dan kekuatan melainkan daya dan kekuatan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar, sebanyak setiap huruf yang telah ditulis (oleh manusia) atau yang akan ditulis, terus menerus selama berkekalan kurun dan berterusan masa, wahai Tuhan semesta alam."

Semoga kita termasuk orang-orang yang akan selalu memulai aktivitas dengan menyebut nama Allah. Tentunya agar Alah melimphakan Ridho-Nya kepada kita. Amiin.

Semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

 

Leave a Comment