Amalkan Doa Rasulullah Berikut Ini Setelah Shalat Subuh

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Doa merupakan intipati dari sebuah ibadah. Dalam doa itulah manusia meminta dan berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Termasuk Rasulullah. Dilansir dari Republika, selepas shalat subuh Rasulullah selalu membaca doa ini.

أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم كان إذا أصبَح قال: اللَّهمَّ إنِّي أسأَلُكَ عِلمًا نافعًا، ورِزْقًا طيِّبًا، وعمَلًا مُتقَبَّلًا

"Allahumma innii asaluka 'ilman naafi'a, wa rizqan thayyibaa, wa 'amalan mutaqabbalaa."

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima). (HR Ibnu Majah dan Ahmad).

Dalam doa itu dapat dilihat Rasulullah meminta tiga hal yaitu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima. Memilih waktu selepas shalat subuh untuk meminta ketiga hal ini menunjukkan bahwa ketiga hal ini sangat penting, karena subuh adalah waktu seseorang memulai hari.

Sejatinya, manusia mengarungi dunia dengan bekal ilmu yang bermanfaat. Namun, ilmu yang bermanfaat ini rupanya juga dapat memudahkan jalan manusia menunju surga nantinya. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu:

"Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim).

Selanjutnya rezeki yang halal. Rezeki yang halal adalah hal yang penting bagi seorang muslim karena rezeki tersebut nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Dengan bekal ilmu yang bermanfaat, seseorang dapat membedakan mana rezeki halal dan haram. Al Qur'an sudah menegaskan perihal rezeki halal ini.

"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu beribadah." (QS. Al Baqarah: 172).

Terakhir adalah amal yang diterima. Amal yang diterima adalah amalan yang diterima di sisi Allah sementara pahala merupakan balasan bagi manusia yang mengerjakannya.

"Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya." (QS. Al Kahfi: 110).

Itulah doa yang dipanjatkan rasulullah selepas shalat subuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment