Agar Diberi Keberkahan, Lafadzkan Doa Ini Saat Datang ke Pernikahan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak ada kado paling indah selain ucapan selamat dan doa baik dari orang tersayang. Bagi pengantin baru, doa merupakan tanda bahwa kita turut bahagia atas pernikahan tersebut.

Doa yang dipanjatkan, bukanlah doa sembarangan dan bukan pula sekadar ucapan “Semoga sakinnah mawaddah warrahmah”. Dilansir dari berbagai sumber, berikut doa khusus yang dapat Sahabat Muslimah panjatkan kepada mereka yang baru menikah maupun sedang mempersiapkan pernikahan.

1. Doa untuk pengantin baru

Rasulullah pernah memberi ucapan kegembiraan kepada sepasangan pengantin seraya mengucapkan doa berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barokallahu laka, wa baroka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoyr.

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." (HR. Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Doa ini bisa dilafalkan kepada pasangan pengantin saat akad nikah atau resepsi pernikahan, kemudian diiringi dengan ucapan "Samawa”. Jika tak dapat menghadiri acara, kirimkan saja doa ini lewat pesan singkat atau kartu ucapan kepada kedua mempelai.

2. Sedang mempersiapkan pernikahan

Ketika diberikan kesempatan mendampingi calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan, ada 2 doa yang dapat dipanjatkan untuk kelancaran hari bahagianya nanti nih, Sahabat Muslimah. Kedua doa ini merupakan potongan dari surat dalam Al Qur'an.

Doa pertama merupakan harapan supaya calon pengantin diberikan jodoh yang baik dan saleh.

رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًۭا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hab li hukmaw wa al-hiqni bis-salihin.

Artinya: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh." (QS. asy-Syuara: 83).

Doa kedua ditujukan untuk memohon kelancaran dan kemudahan dalam mempersiapkan pernikahan.

ذْ أَوَى ٱلْفِتْيَةُ إِلَى ٱلْكَهْفِ فَقَالُوا۟ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةًۭ وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًۭا

Iz awal-fityatu ilal-kahfi fa qalụ rabbana atina mil ladungka rahmataw wa hayyi` lana min amrina rasyada.

Artinya: "(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS. Al Kahfi: 10).

3. Doa untuk keberkahan pengantin

Selain dua doa di atas, ada beberapa doa khusus yang memang ditujukan untuk memohon keberkahan bagi kedua mempelai. Doa ini dapat kamu panjatkan ketika menikmati sajian berkat yang disediakan di akad nikah atau resepsi pernikahan.

Doa pertama

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR Ahmad).

Doa kedua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR Muslim).

Demikian beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika ada keluarga, kerabat, dan teman yang menikah atau sedang mempersiapkan pernikahan nih, Sahabat Muslimah. Semoga dengan doa yang baik ini dapat mendatangkan keberkahan dan kebahagiaan bagi kehidupan rumah tangga kedua mempelai. Aamiin.

Leave a Comment