Doa Agar Suami Istri Selalu Saling Mencintai

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Setia kepada pasangan adalah salah satu kunci agar dijauhkan dari perselingkuhan, dan membuat rumah tangga menjadi lebih harmonis. Selain itu, menjaga komunikasi antar pasangan suami istri dengan baik juga bisa menjadi cara untuk melanggengkan pernikahan.

Langkah selanjutnya adalah dengan saling mendoakan satu sama lain. Terdapat doa untuk pasangan agar menjadi lebih harmonis dan saling mencintai sampai maut memisahkan, doa ni disebut dengan doa Mahabbah.

Doa Mahabbah

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺣﺒّﺐ ﻋﺒﺪﻙ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻰ ﻋﺒﺎﺩﻙ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻭﺣﺒّﺐ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴ

Allahumma habbib 'abdaka hadza ila 'ibadikal mu'minin wa habbib ilayyal mu'minin.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah hamba-Mu ini agar dicintai orang yang berimah dan jadikanlah orang yang beriman ini mencintaiku."

Selain doa Muhabbah tadi, Sahabat Muslimah dan pasangan juga bisa membaca surat-surat di bawah ini untuk lebih saling menyayangi lagi:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbanna hab lanaa min azwaajina wadzurriyyatinaa qurrata a’yun, waajaalna lilmuttaqiina immaama.

Artinya: Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada kami, dan keturunan kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa. (QS. Al-Furqon; 74)

Selain itu, jika dalam rumah tangga terjadi sebuah konflik atau perdebatan suami istri, ingatlah sebagaimana firman Allah pada surat Ar-rum ayat 21:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum : 21)

Lalu ada doa yang bisa kita panjatkan ketika terjadi pertengkaran maupun perdebatan yang tidak bisa diselesaikan. Doa itu terdapat dalam surat Ali Imran ayat 31:

Sesungguhnya makna surat Ali Imran ayat 31 bisa mampu menjadikan hubungannya suami istri tetap terjaga kasih sayangnya dan tetap kokoh meskipun terhempas godaan atau cobaan.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. Ali Imran : 31).

Pada akhirnya kamu bisa berdoa apapun kepada Allah sesuai dengan kebutuhan kita. Tentu dengan adab-adab berdoa yang harus diperhatikan. Semoga Allah akan selalu membuat rumah rumah tanggamu selalu dalam keadaan sakinah mawaddah warahmah. aamiin.

Wallahu a'lam.

Leave a Comment