Agar Persalinan Lancar, Baca Doa Anjuran Rasulullah Berikut Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Pasti semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan menjadi anak yang shaleh dan shaleh. Apakah nanti akan diberi keturunan yang ganteng dan cantik itu merupakan kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala.

Memperbanyak doa adalah hal sebaiknya dilakukan baik oleh suami maupun istri agar dapat melahirkan calon bayinya dengan lancar tanpa gangguan berarti. Saat proses kelahiran seorang manusia, tak ada kuasa yang lebih besar dibanding kuasa Allah Ta'ala. Oleh sebab itu hendaknya usaha kita juga dibarengi dengan doa kepada Tuhan seluruh alam semesta, Allah Azza wa Jalla. 

Melansir dari laman NU Online, berikut beberapa doa yang dapat dipanjatkan saat melahirkan sebagaimana anjuran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada putrinya, Fathimah Radhiyallahu 'anha saat melahirkan. Doa-doa dapat dibacakan oleh mereka yang mendampingi seseorang saat menjalani proses persalinan berjalan.

Di antara amalan atau bacaan yang dibacakan di samping perempuan yang hendak melahirkan adalah:

1. Membaca ayat kursi.

2. Membaca surat Al A’raf ayat 54.

إِنَّ رَبَّكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ يُغْشِى ٱلَّيْلَ ٱلنَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ وَٱلنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ أَلَا لَهُ ٱلْخَلْقُ وَٱلْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

"Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn."

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

3. Membaca surat Al Falaq dan an-Nas.

Hal ini sebagaimana keterangan yang terdapat dalam kitab Al-Adzkar An-Nawawiyyah karya Muhyiddin Syaraf An-Nawawi. Dalam kitab tersebut, Muhyiddin Syaraf An-Nawawi mengutip riwayat yang terdapat dalam kitab Ibnus Sinni.

Kami telah meriwayatkan dalam kitab Ibnus Sinni dari Fathimah, bahwa ketika waktu kelahiran (Fathimah) sudah dekat, beliau meminta kepada Ummu Salamah Radhiyallahu 'anha dan Zainab binti Jahsy Radhiyallahu 'anha untuk mendatangi Fathimah dan dibacakan di sampingnya ayat Kursi, ayat 54 Surat Al-A’raf, dan surat mu’awwidztain (surat Al-Falaq dan An-Nas)." 

Demikianlah doa yang dibacakan saat mendampingi seseorang yang melahirkan. Ketika calon ibu juga bisa menghapal doa-doa di atas, maka lebih baik. 

Wallahu 'alam.

Leave a Comment