Sering Lupa Diamalkan, Ini Doa Memakai dan Melepas Pakaian

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk menjaga dan menutup auratnya. Aurat laki-laki adalah dari bagian pusar sampai bagian lututnya. Sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah. Perintah menutup aurat dilakukan salah satunya dengan cara berpakaian. 

Sebagai agama yang sempurna, Islam juga turut mengatur adab berpakaian, yakni dengan berdoa sebelum memakai dan melepas pakaian. Hal ini dilakukan agar kita dapat terhindar dari berbagai keburukan yang mungkin terjadi. Selain itu, berpakaian bisa jadi ibadah bila dilakukan dengan niat adan adab yang benar. Namun, sayang masih banyak dari kita yang masih lupa mengamalkan doa ini.

Oleh sebab itu, berikut ini Muslimahdaily bawakan doa memakai pakaian, pakaian baru dan doa melepas pakaian.

Doa Memakai Pakaian

اللهم اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

"Allaahumma innii as-aluka min khairihii wa khairi maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu."

Artinya: Dengan nama-Mu yaa Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.

Doa Memakai Pakaian Baru

‎الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي ولا قوةٍ

"Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin."

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini dan menganugerahkannya kepadaku tapa daya dan kekuatan dariku, pakaian yang dengannya aku menutup auratku dan dengannya aku memperindah diriku dalam hidupku.

Doa Melepas Pakaian

‎بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

"Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa."

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.

Doa memakai pakaian dibaca agar ketika kita memakai pakaian selalu nyaman dan ketika memakai hanya untuk ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sedangkan doa melepas pakaian di baca agar ketika kita melepas pakaian, Auratnya kita tidak terlihat oleh bangsa jin. Semoga bermanfaat.

Wallahu 'alam.

Leave a Comment