Doa Agar Selalu Berprasangka Baik Kepada Allah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai umat muslim, hendaknya kita selalu berprasangka baik kepada Allah dalam setiap kejadian yang kita alami. Jangan sampai cobaan yang berat membuatmu berburuk sangka kepada Allah.

Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassallam berpesan kepada umatnya untuk terus berbaik sangka kepada Allah. Pernyataan tersebut sudah jelas tertera dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah, dia berkata,

“Saya mendengar Rasulullah sebelum tiga hari beliau wafat, dia berkata; Janganlah seorang di antara kalian meninggal kecuali dia telah berbaik sangka kepada Allah.”

Bahkan Rasulullah senantiasa berdoa kepada Allah Ta’ala agar diberikan pertolongan untuk terus berbaik sangka kepada-Nya. Melansir Bincang Syariah, doanya adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ اَسْئَلُكَ التَّوْفِيْقَ لِمَحَابِّكَ مِنَ اْلاَعْمَالِ وَصِدْقَ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ وَحُسْنَ الظَّنِّ بِكَ

Allohumma as-alukat taufiiqo li mahabbika minal a’maali wa shidqot tawakkuli ‘alaika wa husnadz dzonni bika.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengerjakan amal-amal yang Engkau cintai, (aku memohon) kepasrahan yang benar kepada-Mu, dan berperasangka yang baik kepada-Mu.”

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Nashr Al-Maruzi dalam kitab Mukhtashar Qiyamil Lail wa Ramadhan wa Al-Witr.

Selain doa itu, kita juga dapat memulai segala sesuatu dengan basmalah. Sebab, dengan mengawali hari atau aktivitas dengan mengucap basmalah, diyakini akan membawa kebaikan dan keberkahan. Dengan begitu, Insya Allah prasangka baik akan selalu mengiringi langkahmu.

 

Leave a Comment