Rutinkan Doa Ini agar Didekatkan dengan Jodoh

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam Islam, jodoh, maut dan rejeki adalah tiga hal yang mutlak dimiliki oleh manusia yang berikan atas kemurahan hati dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Meski demikian, ketiga hal tersebut harus diperjuangkan melalui doa dan usaha kepada Allah subhana hua ta’ala. Salah satunya jodoh.

Setiap manusia memiliki jodohnya masing-masing dan tidak akan tertukar karena Allah langsung yang akan memastikan kita berpasangan dengan jodoh yang telah dipersiapkan oleh-Nya. Kendati demikian, untuk mendapatkan jodoh yang baik, kita juga harus mengupayakannya dengan cara berdoa dan berikhtiar kepada Allah.

Pasalnya doa yang selalu kita panjatkan tidak hanya akan membuat keinginan kita terkabul, akan tetapi lebih dari itu. Doa akan membuat kita lebih dekat dengan Allah. 

Salah satu doa yang dapat Sahabat Muslimah amalkan adalah doa Nabi Musa 'Alaihissalam. Dikisahkan ketika keluar dari Mesir, Nabi Musa mengungsi ke Madyan. Di tengah perjalanan, Nabi Musa mendapati dua gadis yang antre ingin memberikan minum pada kambing gembala keduanya.

Kemudian Nabi Musa menolong kedua gadis itu dengan mengangkat batu besar, alhasil 12 titik mata air mengucur. Dengan demikian dua gadis tersebut dapat memberi minum kambing gembalanya.

Setelah Nabi Musa menolong kedua putri Nabi Syuaib 'Alaihissalam, kemudian Nabi Musa berteduh dan berdoa kepada Allah:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr.

Artinya: “Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al Qashas: 24).

Setelah membaca doa tersebut, tak berselang lama ia didatangi kedua putri Nabi Syuaib. Ia diundang untuk datang ke rumah Nabi Syuaib alaihissalam. Setelah melalui proses panjang, Nabi Syuaib meminta Nabi Musa memilih antara kedua anak gadisnya. Kemudian Nabi Musa memilih anak putri sulung Nabi Syuaib.

Doa lain yang dapat kamu amalkan selanjutnya adalah Surat Al Furqan ayat 74.

بَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS. Al Furqan: 74).

Doa agar diberi jodoh yang baik

Selain doa yang diajarkan dalam Al Qur’an seperti di atas, bacaan doa berikut juga bisa dibaca oleh Sahabat Muslimah agar diberikan calon suami yang baik oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat."

Adapun doa yang bisa dipanjatkan laki-laki muslim agar berikan calon istri yang baik adalah sebagai berikut.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Sahabat Muslimah itu dia amalan yang dapat kamu lakukan. Semoga Allah segera mengabulkan dan kamu diberikan jodoh yang terbaik, ya. Aamiin.

Leave a Comment