Sedang Melewati Urusan yang Berat? Ini Do’a Agar Kamu Dimudahkan dalam Segala Urusan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, manusia merupakan makhluk sosial yang pasti membutuhkan satu sama lainnya untuk saling berkomunikasi dan membantu dalam berbagai urusan. Sebagian orang seringkali memiliki harapan dan ambisi dalam menjalani urusan sehingga menciptakan ekspektasi yang berlebihan tentang apa yang akan mereka dapatkan dalam kehidupan setelah melakukan berbagai urusan tersebut.

Dalam hidup, hampir setiap hari kita memiliki urusan yang harus kita selesaikan dengan kata lain, urusan tersebut bersifat duniawi. Meskipun begitu, sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah Ta’ala, kita jangan sampai lupa bahwa segala urusan duniawi juga membutuhkan bantuan dari-Nya agar niscaya kita diberi kemudahan dan kelancaran dalam melewatinya.

Selain bekerja dan berusaha, do’a juga memiliki peran yang sangat besar untuk menunjang keberhasilan manusia mencapai sesuatu yang diinginkannya.

Ketika kita kesulitan untuk melaksanakan urusan baik itu ringan maupun berat, tentu kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Ta’ala supaya diberi jalan dan petunjuk yang benar untuk melewati urusan tersebut.

Insya'allah, jika kita telah bekerja, berusaha dan berdo’a, maka urusan yang sedang kita jalani akan segera dipermudah oleh Allah Ta’ala sehingga dapat segera terselesaikan.

Berikut kutipan Muslimahdaily mengenai do’a yang dapat dipanjatkan untuk mempermudah segala urusan yang Sahabat Muslimah hadapi.

Do’a Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

اَللّٰهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

Selain do’a dimudahkan dalam segala urusan diatas, Sahabat Muslimah bisa juga memanjatkan kedua do’a dibawah ini.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku."

Surat Al-Kahf Ayat 10.

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa 'aatinaa miladunka rohmata, wahayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS Al Kahf :10)

Setelah selesai memanjatkan do’a-do’a diatas, Sahabat Muslimah bisa memanjatkan do’a dibawah ini agar diberi kebaikan dalam segala urusan yang akan dijalani.

Doa Memohon Kebaikan

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Artinya:

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan."

Itulah do’a yang dapat Sahabat Muslimah panjatkan ketika merasa sulit melewati sebuah urusan. Semoga apapun urusan baik yang kamu kerjakan dapat menjadi manfaat di kemudian hari, Aamiin yarabbal Alamin.

Leave a Comment