Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru dalam Islam Lengkap

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Allah Ta’ala menciptakan manusia berpasang-pasangan antara laki-laki dan perempuan untuk dipertemukan dalam suatu ikatan yaitu pernikahan. Tak hanya untuk memperoleh keturunan, pernikahan juga dilakukan sebagai cara untuk memperkuat ibadah.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna separuh agamanya. Maka takut lah kepada Allah Ta’ala untuk separuh sisanya.”

Dalam agama Islam sendiri pernikahan digambarkan dengan kata mitsaqan ghalizha, yaitu janji yang sangat agung. Pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan, namun juga menyatukan dua keluarga dengan latar belakang berbeda. Sehingga diperlukan restu dari keluarga terutama orangtua.

Selain itu, dibutuhkan pula doa dari orang-orang di sekitar untuk mempelai agar mendapat berkah pernikahan.

Sebaik-baiknya doa, adalah doa yang diajarkan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan yang kita peroleh melalui para ulama serta dilansir dari berbagai sumber, sebagai berikut.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.”

Artinya :

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa untuk Pengantin Mempelai Pria

Ketika berjabat tangan dengan mempelai pria, kita perlu mengucapkan selamat atas perkawinannya.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

“Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.”

Artinya:

“Semoga Allah Ta’ala memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah Ta’ala menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah,”

Selain itu ada doa-doa lain yang dianjurkan untuk diucapkan setelah menyantap makanan dalam menghadiri penikahan, doa tersebut adalah.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad).

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Artinya:

“ Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim).

Atau dengan kedua lafadz di bawah ini,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.”

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya:

“Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendo’akan kalian.”

Itulah kumpulan doa yang bisa Sahabat Muslimah panjatkan untuk pengantin. Semoga bermanfaat, ya. Aamiin

Leave a Comment