Seret Rezeki? Ini 7 Doa Mustajab untuk Mendapat Rezeki

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam menjalani hidup, kita akan merasakan sebuah kebahagiaan dan juga kesulitan. Pada umumnya seseorang yang mengalami kebahagiaan akan senantiasa bersyukur. Akan tetapi, jarang ditemukan orang yang bersyukur ketika ia menghadapi kesulitan terutama kesulitan ekonomi.

Sebagai orang yang beriman dan meyakini kuasa Allah Ta’ala. Maka, kita juga harus meyakini bahwa di setiap kesulitan pasti juga terdapat kemudahan yang diberikan-Nya. Setiap rezeki yang kita terima setiap harinya bersumber dari-Nya. Dan ada banyak cara untuk kita dapat memperoleh rezeki dari Allah.

Salah satunya adalah dengan berdoa. Namun, Allah Ta’ala tidak akan langsung mengabulkan doa apabila kita tidak berjuang terlebih dahulu. Kita harus mampu berusaha bahkan melewati berbagai rintangan dan cobaan yang kerap menguji keimanan kita kepada-Nya.

Sementara itu, Sahabat Muslimah dapat memanjatkan doa-doa untuk mendapat rezeki berikut ini.

1. Doa Agar Diberi Kelancaran Rezeki

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَ عَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Alloohumma Innii As-Aluka Min Fadhlika Wa ‘Athoo-Ika Rizqon Thoyyiban Mubaarokan.

Artinya: “Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.” (HR. Thabrani).

2. Doa Memohon Perlindungan dari Kemiskinan

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَ الْفَاقَةِ، وَ الْقِلَّةِ وَ الذِّلَّةِ، وَ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

Alloohumma Innii A’uudzu Bika Minal Faqri Wal Faaqoh, Wal Qillah Wadz Dzillah, Wa A’uudzu Bika An Adzlima Aw Udzlama.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekurangan, kehinaan, dan aku berlindung kepada-Mu dari melakukan kezaliman dan dizalimi.” (HR. Baihaqi).

3. Doa untuk Membuka Pintu Rezeki

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَا عَزِيْزُ يَا مُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازِ عِزَّةِ قُدْرَتِكَ وَيَا مُيَسِّرَ اْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِي أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَا خَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اَللهُ

Alloohumma Yaa Ghoniyyu Yaa Mughnii Aghninii Ghinan Abadaa, Wa Yaa ‘Aziizu Yaa Mu’izzu A’izzanii Bi I’zaazi ‘Izzati Qudrotika, Wa Yaa Muyassirol Umuuri Yassir Lii Umuurod Dun-Yaa Wad Diinni, Yaa Khoiro Man Yurjaa, Yaa Allooh.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”

 

4. Doa untuk Mencapai Target Pekerjaan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ لِقَائِكَ

Alloohummaj’al Khoyro ‘Umrii Aakhirohu Wakhoyro ‘Amalii Khowaatimahu Wakhoyro Ayyaamii Yawma Liqoo-Ika.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku pada ujungnya dan sebaik-baik amalku adalah pada ujung akhirnya, dan sebaik-baik hariku adalah pada saat aku menemui-Mu.”

5. Doa Saat Belum Mampu Membayar Hutang

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Alloohummakfinii Bi Halaalika ‘An Haroomika Wa Aghninii Bifadhlika ‘Amman Siwaaka.

Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal hingga aku tidak butuh kepada yang haram dan cukupkanlah aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu.” (HR. Turmudzi).

6. Doa Ketika Pendapatan Menurun

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Laa Ilaaha Illalloohul ‘Aziim. Laa Ilaaha Illalloohu Robbul’arsyil ‘Azhiim. Laa Ilaaha Illalloohu Robbus Samaawaati Warobbul Ardhi Warobbul ‘Arsyil Kariim.

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah, Zat Yang Maha Agung dan Maha Penyantun. Tiada tuhan selain Allah. Rabb Arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah. Rabb langit, bumi, dan arsy yang mulia.”

7. Doa agar Allah Menambah Rezeki Keluarga

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَآثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرُ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Alloohumma Zidnaa Wa Laa Tanqushnaa Wa Akrimnaa Wa Laa Tuuhinaa Wa A’thinaa Wa Laa Tahrimnaa Wa Aatsirnaa Wa Laa Tu’tsiru ‘Alainaa Wa Ardhinaa Wardho ‘Annaa.

Artinya: “Ya Allah, tambahkan rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan janganlah Engkau hinakan kami. Berilah kami dan janganlah Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan janganlah Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

Wallahu a’lam.

Leave a Comment