Doa untuk Melunakkan Hati Mertua

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, pernikahan bukan hanya tentang kamu dan pasanganmu saja. Melainkan menyatukan dua keluarga besar dengan latar belakang yang berbeda. Tak sedikit, orang yang dapat menjalin hubungan yang harmonis antara kedua keluarga. Namun, ada juga yang sebaliknya sehingga terkadang bisa berujung pada sebuah perceraian.

Tentunya, kita semua pasti ingin memiliki hubungan yang baik dengan keluarga baru, yakni bapak dan ibu mertua. Saat pertama kali berhadapan dengan mertua, perasaan gugup bisa muncul begitu saja. Hal ini biasanya dikarenakan rasa cemas, tidak percaya diri, atau takut salah dalam berucap.

Jika Sahabat Muslimah suatu hari menemukan masalah dengan mertua, cobalah untuk tetap bersabar dan berupaya menjalin hubungan yang baik. Kemudian, kamu juga bisa memanjatkan bacaan doa untuk meluluhkan hati mertua di bawah ini.

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allaahumma musharrifal Quluub (sebutkan nama mertua), sharrif quluubanaa ‘alaa tho’ atika’.

Artinya:

“Ya Allah yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu.”

Atau doa untuk menumbuhkan rasa cinta dalam hati mertua berikut ini.

Allahumma inni as aluka, bi haibati adhamatika, wabi sathwati jalaalika an taj’ala mahabbatii fii Qalbii (sebutkan nama mertua), wa alqil mahabbata wal mawad data fii Qalbihi wa aththifhu, alayya bi fadhlika Yaa Kariim.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar Engkau jadikan kecintaan di dalam hati (sebutkan nama mertua). Dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan ia padaku lewat anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Mulia.”

Selanjutnya, berserah diri dengan memanjatkan doa di bawah ini.

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii...(sebutkan nama mertua) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya:

“Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebutkan nama mertua) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.”

Semoga bermanfaat, ya Sahabat Muslimah.