Sedang Alami Susah Tidur dan Insomnia? Coba Amalkan Doa ini!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tidur menjadi salah satu aktvitas sehari-hari yang harus setiap manusia lakukan untuk mengoptimalkan energi dan meningkatkan kesehatan agar dapat melanjutkan berbagai aktivitas di keesokan hari.

Dalam mengoptimalkan energi dan kesehatan dengan baik, para pakar kesehatan pun merekomendasi waktu tidur yang berbeda-beda pada setiap kelompok. Seperti, kelompok remaja direkomendasikan untuk tidur selama 8-10 jam per harinya dan kelompok dewasa selama 7-9 jam per harinya.

Tak jarang waktu tidur yang kurang dari seharusnya tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lelah, cemas, bahkan stres. Hal ini pun dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari pada seseorang.
Salah satu penyebab waktu tidur seseorang berkurang, yaitu susah tidur. Susah tidur menjadi salah satu masalah yang sangat umum terjadi pada sebagian besar masyarakat.

Penyebab susah tidur inipun bervariasi, mulai dari banyak pikiran, stres, perubahan kebiasaan tidur, dan sakit. Masalah susah tidur yang terjadi terus menerus ini pun dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih serius yang disebut sebagai insomnia.

Berbagai hal pun dapat dilakukan dalam mengatasi masalah susah tidur dan insomnia ini. Namun, ternyata di dalam Islam terdapat beberapa doa yang dianjurkan bagi seseorang yang sedang mengalami susah tidur dan insomnia.
Doa-doa susah tidur tersebut berasal dari berbagai hadits. Apa saja doa-doa yang dapat kamu amalkan saat mengalami susah tidur dan insomnia? Berikut doanya.

1. Riwayat Khalid bin Walid

Doa susah tidur dan insomnia yang diriwayatkan Khalid bin Walid ini terdiri dari berbagai doa yang dapat kamu panjatkan,.diantaranya:

"A'uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri 'ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun".

Artinya:

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan setan dan kehadirannya."

Kemudian, terdapat kisah lainnya dari Khalid bin Walid yang menceritakan masalahnya mengenai kesulitan tidur saat malam hari kepada Rasulullah SAW. Kemudian, Rasulullah pun memerintahkannya untuk berdoa meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala saat hendak tidur dan membaca:

“Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

Adapun kisah lainnya dari Khalid bin Walid yang juga mendapatkan doa susah tidur yang berbeda, yaitu:

“Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

2. Riwayat Zaid bin Tsabit

Hampir mirip dengan kisahnya Khalid bin Walid, pada suatu malam Zaid bin Tsabit pun juga menceritakan masalah mengenai kesulitan tidurnya kepada Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullaj pun mengajarinya doa susah tidur yang dikarenakan kegelisahan yang berbunyi:

“Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.”

Artinya:

“Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Berdasarkan kisah-kisah tersebut, doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW tersebut pun mampu mengatasi masalah tidur pada Khalid bin Walid dan Zaid bin Tsabit.

Maka dari itu, jika kamu merasa susah tidur di saat kapan saja dan dimana saja, cobalah untuk mengamalkan doa-doa tersebut, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan pertolongan dan perlindungan kepadamu, serta tidurmu dapat menjadi nyenyak, Insya Allah.