Merasa Gelisah dan Tidak Tenang? Coba Panjatkan 5 Doa ini untuk Menyejukkan Hati

Ilstrasi Ilstrasi

Muslimahdaily - Dalam kehidupan, sangat wajar jika kita sebagai manusia biasa merasakan sedih maupun perasaan gelisah dan tidak tenang. Namun meski begitu, jika perasaan kurang mengenakan tersebut dirasakan berlarut dan dalam waktu yang lama pasti akan memberikan ketidak nyamanan. Karena itu, kita harus bisa menanganinya, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berdoa.

Di agama Islam, terdapat beberapa doa yang ampuh untuk menenangkan hati yang sedang sedih, gelisah maupun tidak tenang. Dan sangat disarankan bagi seluruh umat Muslim yang sedang mengalami perasaan tersebut untuk memanjatkan doa yang dapat menyejukkan hati.

Kali ini Muslimahdaily telah merangkum 5 doa yang ampuh untuk membuat hati sejuk dan tenang ketika mengalami perasaan sedih, gelisah maupun tidak tenang.

1. Q.S Al-Baqarah Ayat 250

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

“Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin."

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

2. Q.S Ali 'Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْ

"Wa lā tahinụ wa lā taḥzanụ wa antumul-a'launa ing kuntum mu`minīn."

Artinya: Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

3. Q.S Al-Insyirah Ayat 6

 اِنَّمَعَالْعُسْرِيُسْرًاۗ

“Inna ma’al usri yusra,”

Artinya:”Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.”

4. Doa Penenang Hati dari Hadis Imam Thabrani

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

5. Doa Membuat Hati Tenang dari Pikiran Negatif (Sahih Bukhari).

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

“Allahumma inni a’uzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

Leave a Comment