Baca Doa Ini Saat Gempa Bumi, Agar Terhindar Dari Musibah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Gempa bumi dengan kekuatan 5,6  magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) gempa terjadi pukul 13.21 WIB yang berpusat di 10 km barat daya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Guncangan besar ini memakan korban jiwa dan membuat masyarakat khawatir.

Gempa bumi merupakan tanda Kuasa dan ujian dari Allah kepada manusia. Hendaknya seorang muslim yang tertimpa musibah dapat bersabar, berdoa, bertawakkal kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Pada ajaran Islam, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, dan doa untuk meminta perlindungan kepada Allah terutama ketika berada dalam bencana atau musibah. Agar senantiasa dilindungi oleh Allah, sobat muslimah dianjurkan membaca doa ketika gempa bumi.

Doa ini merupakan hadits Nabi Muhammad Shalallaahu 'alaihi wassalaam yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i. Berikut bacaannya:

 

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a'ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

“Ya Allah, aku memohon kehadiratMu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR An-Nasa'i).

Perbanyak doa dengan melanjutkan doa Nabi Nuh saat memohon kepada Allah Subhanahu wata’ala agar diselamatkan dari bencana alam. Berikut bacaannya:

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbi innii 'a'uu dubika ann as alaka maa laisa lii bihi 'ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham nii akum minal khaa siriin

"Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepadaMu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi," (QS Hud: 47).

Demikian doa yang bisa dipanjatkan ketika sobat muslimah merasakan gempa bumi ataupun dalam kondisi bencana alam lainnya. Bacalah dengan kesungguhan dalam memohon perlindungan Allah Subhanahu wata’ala. Sesungguhnya kuasa Allah sangatlah besar, dan sebagai umat muslim teruslah berdoa, berserah diri, serta membangun kesadaran dalam mengingat Sang Maha Pencipta di mana pun sobat muslimah berada. Jangan lupa untuk mendoakan saudara-saudara muslim kita yang lain. 

Last modified on Selasa, 22 November 2022 14:23

Leave a Comment