Baca Doa Ini Saat Rasa Rindu kepada Seseorang Datang Merasuki Hati

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Pinterest )

Muslimahdaily – Setiap orang pasti merindukan seseorang dalam kehidupan ini. Perasaan itu terjadi ketika kita berada jauh dari orang tercinta, entah itu istri, suami, orang tua, keluarga, teman atau kekasih. Tapi umat Islam percaya, kerinduan terbesar adalah bertemu dengan Allah Subhanallahu wa ta'ala dan Nabi Muhammad Sallallahu‘alaihi wa salam. Rindu dalam Islam adalah fitrah. Kita tidak berdosa jika kita merindukan seseorang dalam hidup kita. Tapi perlu diingat bahwa merindukan seseorang harus dilakukan dengan cara yang tepat. Misalnya, ketika wanita rindu seorang laki-laki yang bukan mahramnya.

Cara terbaik untuk menunjukkan rasa rindu adalah dengan berdoa. Ingat bahwa kita adalah manusia yang lemah. Kita tidak bisa mendapatkan sesuatu jika kita hanya mengandalkan diri kita sendiri. Kita membutuhkan bantuan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala karena kita diciptakan oleh-Nya, zat yang terbesar. Dia bisa mengubah hati manusia. Dan jika Ia berkata "Jadilah" maka benar terjadi.

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik,” (Q.S Al-'Araf: 55-56).

Ketika rasa rindu sudah tak terbendung, kita tidak boleh mendengar bisikan dari setan untuk mengikuti hawa nafsu. Jika rasa rindu itu datang merasuki hati, kamu dapat memasukkan rindu itu di setiap doa pada sepertiga malam terakhir serta waktu antara adzan dan iqamah. Insha Allah doa tersebut akan dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Bagaimana doa-doa tersebut? Simak di bawah ini.

1. Doa Nabi Yusuf alaihis salam (Surah Yusuf: 4)

Nabi Yusuf alaihis salam adalah salah satu nabi yang terkenal dengan rupanya yang cukup tampan. Berdasarkan salah satu ayat dalam al-Quran, setiap wanita yang melihatnya akan terpesona dengan penampilan Nabi Yusuf. Bahkan salah satu cerita mengatakan bahwa sekelompok wanita melukai tangan mereka dengan pisau karena mereka sangat terpesona dengan ketampanan dari Nabi Yusuf. Meski begitu Nabi Yusuf tetap menjaga pandangannya. Dan akhirnya, beliau ditakdirkan untuk menjadi pasangan hidup Siti Zulaikha.

Dalam Al-Qur'an surah Yusuf, ada sebuah ayat yang diyakini sebagai doa untuk melepaskan rindu. Beberapa orang mengatakan bahwa ayat tersebut adalah doa untuk bertemu jodoh dengan mudah dan mempererat hubungan antara suami dan istri. Doa ini sering dibaca oleh Nabi Yusuf ketika ia merindukan istrinya, Siti Zulaikha.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

“(Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya (Ya‘qub), “Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya sujud kepadaku,” (Q.S Yusuf: 4).

2. Surah ṬāHā Ayat 39

Di samping surah Yusuf, doa saat merindukan seseorang dalam Islam adalah membaca surat Thahaa ayat 39.

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang dari-Ku dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku”.

3. Surah Al-Baqarah Ayat 165

Beberapa orang percaya bahwa Surah Al-Baqarah ayat 165 dapat menjadi obat rindu.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ

Di antara manusia ada yang menjadikan (sesuatu) selain Allah sebagai tandingan-tandingan (bagi-Nya) yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat kuat cinta mereka kepada Allah”.

4. Surah Ali Imran Ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

Dijadikan indah bagi manusia kecintaan pada aneka kesenangan yang berupa perempuan, anak-anak, harta benda yang bertimbun tak terhingga berupa emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik”.

5. Doa Rindu kepada Orang Tua

Yang rindu adalah tidak hanya untuk kekasih atau pasangan hidup. Terkadang, perasaan rindu juga dapat terjadi jika kita berada jauh dari orang tua kita. Selain menelepon atau video call, kita dapat berdoa kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala untuk memperlihatkan rasa rindu kita kepada orang tua.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Ya Allah (Wahai Tuhanku), ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

Sebenarnya doa ini tidak hanya dibaca ketika kita berada jauh dari orang tua kita, namun kita juga harus membaca doa ini sebagai bentuk cinta untuk ibu dan ayah.

Tips untuk Membantu Mengatasi Rasa Rindu

Selain doa, ada beberapa tips untuk membantu kamu mengatasi rasa rindu yang datang, seperti:

1. Buatlah diri sibuk dengan hal-hal yang positif. Misalnya belajar, bekerja, belajar tentang studi agama, meningkatkan hafalan dari Quran atau mengikuti kajian.

2. Menikah. Jika hati, fisik dan materi telah siap, kamu tidak harus memegang rasa rindu itu untuk waktu yang lama. Akan lebih baik daripada membangun dosa melalui pacaran.

3. Jika sedang merindukan orang tua, datanglah atau kunjungi mereka. Jika kamu perantau, kamu harus menyisihkan waktu untuk mengunjungi mereka. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa untuk mereka dalam sehari-harinya sehingga mereka akan selalu diberikan kesehatan dan bisa bersama-sama dengan mereka untuk waktu yang lama.

 

 

Last modified on Selasa, 29 November 2022 16:04

Leave a Comment