Yuk, Amalkan! Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab untuk Kabulkan Segala Hajat Doa

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu hal yang sangat dianjurkan di bulan Rajab adalah memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa’taala. Sebab, bulan ini merupakan salah satu bulan yang sangat dimuliakan dalam ajaran agama Islam, hal itu karena terdapat salah satu peristiwa yang luar biasa terjadi di dalamnya, yaitu Isra dan Mi’raj.

Dikutip dari Islam NU Online, Para ulama ahli sejarah berbeda pendapat perihal waktu terjadinya Isra Mi’raj. Ada yang mengatakan terjadi pada bulan Rajab, ada juga yang mengatakan bulan Rabiul Awal, dan ada yang mengatakan bulan Rabiul Akhir. Hanya saja, dari semua pendapat tersebut yang paling kuat adalah yang mengatakan terjadi pada bulan Rajab, tepatnya pada malam Sabtu, tanggal 27 Rajab tahun kesepuluh setelah kenabian (nubuwah).

Sebagai umat Islam, tidak ada yang lebih baik dalam menjalani malam 27 Rajab selain dengan memperbanyak ibadah kepada Allah, dan membaca sejarah-sejarah tentang Nabi Muhammad, untuk mengenal lebih dekat dengannya. Salah satu amaliah yang dapat dilakukan pada malam 27 Rajab adalah berdoa kepada Allah swt, dengan salah satu doa telah dijelaskan oleh Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Halabi al-Qadiri. Dalam kitabnya beliau menjelaskan bahwa doa berikut memiliki khasiat yang sangat luar biasa,

مَنْ قَرَأَ بِهَذَا الدُّعَاءِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ مِنْ رَجَبَ ثُمَّ يَسْأَلُ الله حَاجَتَهُ فَاِنَّهَا تُقْضَى بِاِذْنِ اللهِ

Artinya, “Barang siapa yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, kemudian meminta kepada Allah (untuk dipenuhi) kebutuhannya, maka akan dipenuhi kebutuhannya dengan izin Allah.” (Abdullah al-Halabi, Nurul Anwar wa Kanzul Abrar fi Dzikris Shalati ‘alan Nabi al-Mukhtar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: tt], halaman 38).

                                              

اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ

Allāhumma innī as’aluka bi musyāhadati asrāril muhibbīn, wa bil khalwatil latī khashshashta bihā sayyidal mursalīn hīna asraita bihī lailatas sābi’i wal ‘isyrīn an tarhama qalbiyal hazīna wa tujība da‘watī yā akramal akramīn.

Artinya, “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kaumerahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki Kedermawanan.”

Syekh Abdurrahman bin Abdussalam as-Syafi’i (wafat 893 H) dalam salah satu kitabnya menjelaskan faedah dari doa tersebut, beliau mengatakan bahwa siapa saja yang membacanya pada tanggal 27 Rajab, kemudian menyebutkan hajatnya kepada Allah, maka Dia akan mengabulkan segala hajatnya, melapangkan urusannya, dan menghidupkan hatinya ketika hati manusia sudah mulai mati.

Sedangkan tata cara pembacaannya adalah sebagai berikut:

Pertama, shalat sunnah dua rakaat sebagaimana shalat sunnah pada umumnya. Kemudian membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua.

Kedua, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 10 kali.

Ketiga, membaca doa tersebut, kemudian menyebutkan segala hajat-hajatnya.

Demikian penjelasan perihal doa 27 Rajab, mulai dari faedah dan tata caranya. Semoga bisa bermanfaat dan semua hajat dipenuhi oleh Allah Subhanu Wa’taala. Wallahu a’lam.

Last modified on Selasa, 21 Februari 2023 17:23

Leave a Comment